Home / Event / Lomba Menulis Sumpah Pemuda / Sumpah Pemuda, Sudah Singsingkan Lengan Baju, Kenapa Kini Terlelap?
https://orig00.deviantart.net/48eb/f/2011/301/d/e/sumpah_pemuda_2011_ed_by_deathlyfrost-d4e6kxi.jpg

Sumpah Pemuda, Sudah Singsingkan Lengan Baju, Kenapa Kini Terlelap?

https://orig00.deviantart.net/48eb/f/2011/301/d/e/sumpah_pemuda_2011_ed_by_deathlyfrost-d4e6kxi.jpg

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Lengan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Itulah lirik lagu Bangun pemudi-pemuda karya cipta A.Simanjuntak,komponis asal Tapanuli,Sumatera Utara.Sebuah karya mengagumkanya gambaran semangat bersatu anak-anak muda saat itu dalam berbangsa dan bernegara.Meskipun tidak terlibat atau merasakan langsung,akan tetapi membaca liriknya saja batinku bergetar,apalagi menyanyikannya.

Tetapi terasa menyedihkan kalau melihat bagaimana anak-anak muda era sekarang ini.Janganlah membandingkannya,akan sangat jauh panggang dari api.Miris!.

Jong java,Jong Sumatera,jong Selebes,jong Ambon, dan pemuda dari daerah yang lainya dulu semua satu suara,bahu membahu membangun kesatuan dan persatuan bangsa,menjaga semangat ikrar dan sumpah kala itu,justru sebaliknya,kini mereka malah mengingkari sumpah itu sendiri.Apa tidak ingkar? justru kini kita sibuk bertikai,saling serang,saling fitnah,membuat isu secara masif untuk menebar ketakutan.Celakanya,pertikaian itu muncul dari tema Ikrar sumpah itu sendiri.

Satu bangsa : kita justru membuat sekat pribumi dan non pribumi/keturunan asing

Satu tanah air : kita masih saja meributkan SARA,seolah-olah kemerdekaan diraih oleh satu suku saja.

Satu bahasa :kita malah menganggap bahasa asing lebih layak diperdalam ketimbang bahasa Indonesia,bahasa persatuan kita.

Lagu “Bangun pemudi pemuda” ini memiliki makna yang mendalam kaitan dengan kita sebagai anak-anak muda.Ada 3 pesan yang saya pelajari dari lagu karya A.Simanjuntak tersebut :

  1. Sebagai anak-anak muda,kita harus turut berperan dalam membangun bangsa.Bait :  Lengan bajumu singsingkan untuk negara
    Masa yang akan datang kewajibanmu lah.Hal ini berarti,kita harus terlibat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.ambil bagian sesuai dengan bakat dan talentamu,apa yang bisa kamu perbuat untuk bangsa ini,lakukanlah!.Jika anda olahragawan harumkanlah Indonesia dengan medalimu,buat lagu Indonesia Raya berkumandang dimanapun engkau berjuang.Anda Ilmuwan ciptakan inovasi yang berguna untuk kemajuan bangsa ini.Jangan sudah tidak bisa berkontribusi,malah membuat onar di negri sendiri.Akan kontraproduktif dan sia-sia.
  2. Sebagai anak-anak muda,kita harus lebih mengedepankan kewajiban terhadap negara daripada meminta hak.bait : Menjadi tanggunganmu terhadap nusa,dapat berarti bahwa dipundak kitalah bangsa ini dapat berdiri.Kita tidak bisa egois dan lepas tangan atas apa yang terjadi di bangsa ini.pepatah mengatakan “jangan tanya apa yang bisa negara berikan buat anda,tetapi bertanyalah apa yang sudah anda berikan untuk bangsamu”.Bukan malah demo menuntut hak,inilah problematika yang sedang kita hadapi,banyak menuntut hak,tapi melupakan kewajiban.
  3. Kita sebagai anak-anak muda,berkaryalah,bekerjalah,dan junjung tinggi nilai-nilai kebudayaan dan keberagaman bangsa.bait :Tak usah banyak bicara trus kerja keras Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih.selagi hari masih siang,jangan buang waktu dengan percuma.Dunia sedang berubah.Setiap detik,Setiap menit,Setiap jam,Setiap hari,bulan dan tahun.Tunjukkan kontribusi dan karyamu.Jika kita statis,kita akan tertinggal.

Terakhir, mari kita sudahi kesia-siaan kita selama ini.Bangun,singsingkan lengan baju,dan jangan terlelap lagi.selagi hari masih siang,ambil bagian dalam membangun bangsa,jangan ijinkan penjajahan modern memecah belah kita, mengalihkan kita dan membuat kita lupa akan ikrar dan sumpah yang menjadi tonggak sejarah bangsa ini.

 

Selamat hari sumpah pemuda.

 

About Danang Setiawan

Resah politik,berdiri untuk bangsa.Ingin menjadi bagian Jokowi membangun Negri.
Info,sharing,masukan WA ke : 081319452965 atau email : danangstwn33@gmail.com

Check Also

Perjuangan Para Pemuda Masa Kini

Semangat Para Pemuda Masih terasa peristiwa puluhan tahun yang lalu ketika para pemuda dengan lantangnya …