Home / Hukum / Hebat! Anies Membuat Alexis Dari Legal Menjadi Ilegal, Terus Kapan Ditutupnya??
Foto: Hotel Alexis (Istimewa)

Hebat! Anies Membuat Alexis Dari Legal Menjadi Ilegal, Terus Kapan Ditutupnya??

Foto: Hotel Alexis (Istimewa)

Hari ini kita patut berbangga dan mengacungi jempol atas prestasi pertama Gubernur Anies Baswedan yang berhasil tidak memperpanjang izin Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis. Hal ini, menurut Gubernur Anies, karena permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) ditolak Pemprov DKI.

Penolakan terhadap permohonan TDUP Alexis ini tertuang dalam surat bernomor 68661-1.858.8. Surat bertanggal 27 Oktober 2017 serta diteken oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi. Tetapi apakah yang menjadi alasan dari penolakan izin tersebut?? Berikut adalah surat penolakan Pemprov DKI yang jadi dasar Gubernur Anies menyebut izin tidak diperpanjang.

27 Oktober 2017
No: 68661-1.858.8
Sifat: Segera
Lampiran: –
Hal: Penjelasan terkait Permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)

Kepada
Yth. Direktur PT.Grand Ancol Hotel
Jl RE Martadinta No 1 Kel.Ancol
Kecamatan Pademangan

Sehubungan dengan Permintaan TDUP Hotel Bintang yang diajukan melaluui aplikasi online ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jakarta dengan nomor 60U0HG dan Permohonan TDUP Griya Pijat yang diajukan melalui aplikasi online ke Kantor Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Pademangan dengan nomor registrasi Z35DNU, dengan data permohonan sebagai berikut:

Nama Sarana: PT. Grand Ancol Hotel
Nama Usaha: Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis
Alamat: Jl.RE Martadinata No 1
Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara

Berdasarkan:

1. Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 12 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
2. Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peta Zonasi;
3. Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2016 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata;
4. Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2015 tentang Kepariwisataan;
5. Peraturan Gubernur Nomor 133 tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata.

Bahwa berdasarkan hasil penilaian administrasi dan pertimbangan teknis, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Menindaklanjuti informasi yang berkembang di media massa terkait kegiatan yang tidak diperkenankan dan dilarang dalam penyelenggaraan usaha Hotel dan Griya Pijat di Hotel Alexis;
2. Setiap Penyelenggara Usaha Pariwisata berkewajiban turut serta mencegah segala bentuk perbuatan yang melanggar kesusilaan dan kegiatan yang melanggar hukum di lingkungan tempat kerja;
3. Pemerintah berkewajiban untuk mengawasi dan mengendalikan kegiatan kepariwisataan dalam rangka mencegah dan menanggulangi berbagai dampak negatif bagi masyarakat luas;
4. Sehubungan dengan hal-hal di atas, maka Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis belum bisa diproses.

Atas perhatian dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan layanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta

(ditandatangani)

EDY JUNAEDI
NIP: 7611301985111001

Tembusan
1. Gubernur Provinsi DKI Jakarta
2. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta
3. Kepala Satuan Polisi Pramong Praja Provinsi DKI Jakarta
4. Kepala Badan Pajak dan Restribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta
5. Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara

Apakah sudah dibaca baik-baik isi surat ini?? Saya akan kasih sedikit saja kajian surat ini supaya kita paham (kalau yang belum) kalau surat ini tidak bisa jadi alasan bahwa Gubernur Anies sudah menutup Alexis dan bahkan penolakan ini tidak punya kekuatan yang kuat.

  1. Pemprov menolak perpanjangan izin alasannya informasi yang berkembang di media massa terkait kegiatan yang tidak diperkenankan dan dilarang dalam penyelenggaraan usaha Hotel dan Griya Pijat di Hotel Alexis. Tidak boleh menurut saya, Pemprov menutup Alexis hanya dengan dasar ini. Pemprov harus punya bukti yang kuat kalau memang hal tersebut terjadi di Alexis. Kalau dasarnya informasi yang berkembang, banyak hotel harus ditutup oleh Gubernur Anies. Karena hampir semua hotel ada hal kegiatan yang tidak diperkenankan dan dilarang. Dasar yang sangat lemah sebagai dasar menghentikan izin. Kalau diadukan, Pemprov bisa dipermalukan.
  2. Sehubungan dengan hal-hal di atas, maka Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis belum bisa diproses. Belum bisa diproses itu artinya masih sangat mungkin bisa diproses lagi. Kalau memang tidak bisa, maka harus dikatakan tidak bisa. Karena jelas kalau pakai kata belum, itu seperti sebuah kode kalau izin bisa dikeluarkan kalau bisa melakukan perbaikan-perbaikan. Jelas dan harusnya tegas pernyataannya.
  3. Kelemahan paling lemah dari surat ini dan juga pernyataan Gubernur Anies adalah tidak adanya kalimat dan perintah untuk segera menutup usahanya paling lambat tanggal sekian. Kalau isi surat seperti ini, bagaimana kita tahu kalau memang niatannya menutup usaha mereka. Karena kalau kalimat ini tidak ada, maka Alexis hanya berubah dari kegiatan legal menjadi ilegal.

Gubernur Anies tidak boleh berbangga dulu dengan penolakan izin ini. Dasarnya sangat lemah dan bahkan tidak ada perintah apapun yang tegas terhadap Alexis. Hanya kalimat belum bisa diproses lalu tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh Alexis. Menutup semua kegiatannya atau tetap berkegiatan tetapi ilegal??

Karena itu, banyak warga korban penipuan janji-janji anda, menunggu supaya ada tindakan tegas dari surat ini. Jangan hanya membuat yang legal menjadi ilegal saja. Itu sangat berbahaya. Apalagi kalau ternyata nama Alexis hilang dan cuman berganti nama saja. Itu bukan berbahaya lagi, tetapi cara menipu kelas coro dan semua sudah tahu.

Gubernur Anies harus kawal supaya Alexis benar-benar menutup usahanya dan tidak menjadi kegiatan ilegal yang malah semakin memperburuk suasana. Kalau itu terjadi, maka sama saja Gubernur Anies sedang menyetujui kegiatan ilegal. Yang rugi adalah Pemprov sendiri yang kehilangan pajak dari usaha tersebut. Sekarang pertanyaannya, beranikah Anies menutup Alexis, bukan cuman menolak izinnya??

Salam Alexis.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Kejayaan Dan Keruntuhan SN

Setya Novanto, siapa di republik ini yang belum mengenal nama tersebut, padahal politikus  licin yang …

  • Valentinus

    Tunggu aja bentar lagi para pasukan togel akan berganti seragam dr daster jd pake rompi wirosableng 212 buat “jaga” Alexis yg berubah wujud jd al-exist dengan aktifitas yg sama. Krn ud jd kegiatan illegal dan butuh legalisasi massa. Anyway, benarkan dugaan sy klo si wagabener bakalan “duduk bersama” para begundal2 tanah abang buat nyari solusi. Legalisasi preman!!!

    • Palti West

      lah dia aja premannya pajak.. tengok tuh 3 T uang dia ikut program tax amnesty

  • Robin

    Kl digugat ke pengadilan pasti kalah, nanti ujung ujungnya si anus tinggal bilang, alexis tdk bs ditutup karena sudah diputuskan pengadilan, disatu sisi pengikut bumi datarnya juga jd gak bs nyalahin dia, karena dia sudah “berusaha”, hahahaha, dasar licik

    • Palti West

      hahahaha.. ASU

  • Trafalgar Law

    Kalo saya pendukung Anies-Sandi (58%) apalagi kalo jadi ketua RW, yg saya tuntut adalah janji/program 1 milyar per RW dari Anies-Sandi. Hotel alexis ditutup atau buka gak ada untungnya untuk mereka (58%) mendingan dapat duit 1 Milyar.

    http://megapolitan.kompas.com/read/2017/03/01/17490791/anies.kami.gariskan.program.untuk.rw.lebih.dari.rp.1.miliar

    • Palti West

      bagi nanti yah.. hahaha

  • Siska Widayati

    Sepertinya dia haus pujian. Biar dibilang hebat padahal banyak kelemahan dr kebijakannya. Biasa ahli berkata kata suruh eksekusi, hasilnya mentah. Kl org jawa bilang mogol.

    • Palti West

      betull

  • ladon tentara

    Dasar gaberner : gak bener ini, 5 thn kelamaan, kasihan sama warga 58% nunggu2 janji yg lain spt DP 0%, tolak reklamasi, dll..
    Gaberner bullshit ini mah ..

    • Palti West

      yuppp

  • Gerar Sianturi

    Setuju bang pemprov skrg jd pinter main pemilihan kata2 mngkn nyesuaiin ama gabenernya 😂

    • Palti West

      hehehe.. padahal cuman pencitraan

    • minor13

      sudah belajar ilmu retorika dan ilmu “jawab” ala Anis ….. wkwkwkwk

  • Djiex

    Klo yg disetujui ga bakal di infokan ke media

    • Palti West

      tepat sekali

    • minor13

      bisa heboh dunia persilatan …. gempa bumi gunung meletus …. wkwkwkwkwkwkwk

  • minor13

    ini kan win-win solution ala bumi datar …. wkwkwkwk
    laskar senang keluar surat #entahApaIsinyaNggaPentingTohNggaDibaca …. alexis senang belum ditutup ….. wkwkwkwk

    #cumaPencitraanDanPembodohanPublik keluar surat tapi isinya tidak tegas menutup/melarang kegiatan usaha ….. poin (1) perlu operasi tertangkap basah (2) perlu penglicin sepertinya ato menunggu instruksi atasan (3) memang perlu ada tenggat waktu yg pasti supaya jelas dan tegas

    • Palti West

      hahaha.. betul sekali

  • Kwee Seng

    Hmm… bakal mempermalukan diri sendiri.. dijamin pemprov dki akan kalah di pengadilan.. tidak bisa semena mena tidak memperpanjang izin alexis tanpa ada bukti alexis melanggar perda pariwisata.. dan pemprov terpaksa ganti rugi dan wes-edan dengan tetap tersenyum akan membayarnya.. lah iya lah.. bukan duit nenek moyang dia aja yang bayar pikirnya. (Jadi inget kekalahan kasus bukit duri yang dia menolak banding)

    • Palti West

      intinya serapan anggaran tinggi.. wkwkwk

      • minor13

        serapan dana 100% + dana CSR ….. wkwkwkwkwk

  • Nani Permana

    Gabener sebelum tutup mau ke lantai 7 dulu untuk bukti …

    • Palti West

      hahahaha

  • Mr. ius

    Gabener Anus dibacking sama grup Malio.
    Yg ditutup itu milik saingannya mereka.
    Hotel/spa/massage punya grup Malio gak akan dikutik oleh Gabener

    • Palti West

      karena dia kan teriaknya alexis.. jadi dapatnya uang dari malio

  • betterthangood ina

    dijamin digugat, dan pemprov kalah secara menyesakkan……………

    Anies mulai melakukan langkah bunuh diri dengan kekalahan ini, dimana mana dia akan kalah dalam persoalan hukum………. sudahlah jakarta akan menjadi kacau secara yuridis, karena gubernur dagelan, alesannya terlalu sumir, sama seperti saracen, tanpa bukti jelas seperti hoax……….. wkkk

    buktiin sendiri nies, dengan nyamar untuk ngamar, kalo situ sungkan minta tolong sandi lah….. ha h ha ha………… pasti ok oc punya………..

    • minor13

      ntar malah jadi aib ….. wkwkwkwkwk

      • Palti West

        hahahaha

    • Palti West

      hahaha.. sandi selama ini santai aja kok masuk alexis..

  • johnny bejohn

    ASU : Ijin kamu ga akan saya perpanjang
    ALEX : Apa salah kami sehingga kami ga diperpanjangdan ditutup?
    ASU : Salah kamu karena kamu bisnis esek2 disamping bisnis hotel
    ALEX : Ijin, klo seperti itu, apakah ada buktinya klo kamu bisnis esek2?
    ASU : Ada buktinya….
    ALEX : Boleh kami diperlihatkan buktinya
    ASU : Anu….katanya ini ada buktinya…wes pokoke kamu salah.
    ALEX : Ooo gitu ya.
    ASU : intine pokoke kamu salah trus tak tutup.
    ALEX : Oooo tutup pintu depannya saja ya pak?
    ASU : yaaa pokoke tutup…
    ALEX : Ooooo pintu belakang boleh buka ya pak?
    ASU : yaaa wes mbuh. pokoke tak tutup pintu depannya.
    ALEX : siaaap pak laksanakan.

    • Palti West

      hahahaha.. ASUDAHLAH

  • Yulius Hadi Setiawan Asri

    Oh tidak…..jangan ditutup dulu, ane belum pernah ke sana 😁

    • Palti West

      wkwkwkwk

  • Felix Lai

    Jika Gabener menolak untuk memperpanjang TDUP, maka Gabener juga harus dan wajib untuk menolak memperpanjang TDUP seluruh hotel / Karaoke dan club malam seluruh Jakarta.
    Apakah boleh Pemda menolak Permohonan perpanjangan TDUP hanya berdasarkan issu di masyarakat ?
    Jika memang issu itu kuat, maka sudah selayaknya pemda melakukan investigasi dgn mengumpulkan data Valid.
    Ini hanyalah dagelan seakan” menolak, padahal ntar juga diperpanjang diam”.
    Sebuah sandiwara classic yg dipertontonkan kepada masyarakat.

    • Palti West

      betul sekali.. bahkan kabarnya Alexis hanya dipindahkan saja.. gnti nama.. siap sudah semua.. tukang tipu

      • Felix Lai

        Kita lihat saja ketegasan ala Anies Sandi seperti apa ?
        Kita review lagi 6 bulan kedepan.

        • Palti West

          wkwkwkwk.. tiap hari kita review tuh bacot

    • Clud Candy

      Benar sekali.

    • betterthangood ina

      kali ini Anies; akan keok di pengadilan………..:) dan akan jadi bulan2an media, sekali blunder terus blunder…………ha ha ha haha

      • Felix Lai

        Paling juga akhirnya diperpanjang secara diam”lah.
        Mana bisa menunda perpanjangan TDUP hanya berdasarkan issu yg berkembang dimasyarakat.
        Apalah seorang Anies bekerja dan terpilih sebagai Gubernur hanya berdasarkan issu ?
        Sepertinya memang iya sih.. 😂

        • Palti West

          ISUDAHLAH jadinya mereka buakn ASUDAHLAH lagi.,. hahha

      • Palti West

        bakalan diam2 semua.. hahaha

    • minor13

      apa ini jatahnya “penjaga keamanan” ? kita lihat saja …..

      • Felix Lai

        Biasanya penguasa baru unjuk taring dulu untuk perkenalan.
        “Sekarang ane yg berkuasa neh” lu-lu pade harus kenalan dulu ame penguasa baru.
        2 tahun ini penguasa baru akan terlihat “seperti” galak dan tegas.
        Sisa 3 tahun baru besarin pundi”.

        • Palti West

          wah mereka mana bisa tegas.. butuh duit cepat nih

        • minor13

          minggu lalu ribut tanah abang “penguasa baru” nya tiba …..
          skrg ribut soal “surat” utk alexis …..
          kalijodoh akan buka “cabang” kah ?

      • Palti West

        bisa saja

    • Mr. ius

      Ibarat saya punya motor tapi Sim-nya lupa diperpaniang. Tapi motor saya tetap ada kan? Gak diderek.
      Jadi sehari2 tetap bawa motor tapi deg2an kalau ada razia

      • Palti West

        nah sama kita

  • HMV5888
    • Palti West

      om copasin tulisan ane ke seword juga dunks.. hehehe

      • HMV5888

        Siap bang

        • Palti West

          trimsss

          • minor13

            bang Palti ngga nulis di rumah kura2 lagi?

  • Sekar Pramudyo

    Dagelan lagi..
    Lha, kalau kerja gubernur berdasarkan janji (palsu) kampanye cuma begini saja sih ya ga usah bertindak.. administratif saja selesai. Titik. Duduk manis di balai kota nunggu wartawan motret.. atau nunggu abang bakso mangkal..

    Bisa muncul gugatan ini.. biar rame.. biar makin dongo si mister gubernur..
    Setiap hari ga ada 1 pun berita positif mengenai kinerja dari manusia ini.. kalau alasan baru 2 minggu.. bullshit amat.. 5 bulan lepas pilkada ngapain aja???

    #mikir!!!!
    Btw, kalo kerja gubernur macam anies sandi.. langsung ajalah Cak Lontong sama Sule dipilih warga DKI.. minimal ga pake mayat sama ayat plus pake ngelawak…

    #ASU

    • Palti West

      Cak Lontong dan Sule.. pasangan bagus nih.. lawakan cerdas.. bukan orang ngaku cerdas tapi ngelawak aja kayak Anies-Sandi

    • Clud Candy

      Yup. Hanya sandiwara saja.

      • minor13

        hanya memuaskan publik ….

        • Mr. ius

          Bukan publik. Tapi pemilih si Gabener yg 58%

          • minor13

            seenggaknya bagi yg tidak cermat, masalah alexis akan dianggap sudah beres padahal cuma formalitas saja, tidak ada tindak lanjutnya ……

          • Palti West

            betull

          • Palti West

            hahahaha

        • Palti West

          yuppp

      • Sekar Pramudyo

        Banget…
        Underscore sekali.. ga mutu!!!

        #bisagilakita

        • Palti West

          setujuh

      • Palti West

        gampang ditebak

    • Felix Lai

      Lagian mana pernah ada ijin usaha perhotelan/Karaoke/Pub/Club malam/diskotik dan sejenisnya yg mendapat ijin untuk praktek prostitusi ? Semua juga ilegal praktek prostitusinya.
      Kelak jika karena persaingan usaha, maka pengusaha tinggal bayar orang untuk viralkan ada praktek prostitusi pada kompetitornya.
      Lalu berdasarkan laporan dan issu yg berkembang, maka pemda mencabut atau menunda perpanjangan TDUP tanpa melakukan investigasi.

      • Kwee Seng

        Nah.. otak seorang S3 yang terkontaminasi virus ontanicum jadi mikirnya gabener lagi

        • Felix Lai

          Yang fenting terlihat dulu seakan” memenuhi janji kampanye, padahal setelah itu semuanya berjalan diam”.
          Seperti biasalah…. Masyarakat gampang lupa.

          • Mr. ius

            6 bulan kemudian ganti nama. Pemiliknya si Alex Tirta juga atau anaknya

          • Felix Lai

            Biasalah…. Kan bisa diatur, yang penting bagaimana masyarakat tidak ribut” lagi.
            Ganti warna gedung, ganti nama…. Dah bereslah itu.
            Kita lihat saja sampai sejauh mana Anies Sandi “Tegas” ?

          • Palti West

            tegas GABENERnya

          • Palti West

            yah bgtulah para germo

          • Palti West

            kita tidak

        • Sekar Pramudyo

          Plus.. kebanyakan makan micin itu.. udah jelas deh..wkwkwwkkk

          • Palti West

            micin bagus untuk pembodohan

          • Robin

            Itu mah akal akalannya mas, si anus kan didesak buat nutup alexis, nah sengaja surat tsb dibuat lemah, jd kl digugat, alexis bs menang dan gak jadi tutup, nah si anus tinggal bilang, kalau dia sudah “berusaha”, tapi pengadilan memutuskan lain
            Disatu sisi, gak ada alasan lagi buat desak dia menuhi janjinya, disisi lain dia juga sudah “berusaha” memenuhi janjinya
            Yg perlu dibongkar adalah waktu ketemuan di rumah prabowo, ada gak boss alexis ikut disana, jangan jangan sandiwara sudah dirancang disana

        • Palti West

          hahaha.. onta dah jadi virus yah

      • Sekar Pramudyo

        Nah makanya… prostitusi dan narkoba udh jelas ilegal.. bodoh aja kalau tempat hiburan koar2 pake spanduk: sedia wanita penghibur dan pil koplo beli 3 gratis 5..
        Omong kosong kalau duo brotherhood ini bisa tutup Alexis.. ganti nama sih mungkin..

        #inisoalPENDAPATAN
        #banyakmafiakelaskakap
        #aniessandikelaspeda

        • Palti West

          yuppp

        • Felix Lai

          Kita lihat saja kemungkinannya.
          Antara diberikan lagi ijinnya dgn alasan sdh melengkapi persyatannya dan berjanji tdk ada prostitusi atau Pemda di gugat kepengadilan

      • Palti West

        tetapi sama ajalah.. kalau tidak ditutup sama aja bohong

        • Felix Lai

          Memang juga perpanjangan TDUP belum bisa diberikan juga bo’ong”an kok.
          Ntar juga diberikan lagi pake alasan Alexis sdh melengkapi persyaratan dan sdh menandatangin tdk ada prostitusi.

          • Palti West

            Nah itu dia

    • minor13

      “5 bulan lepas pilkada ngapain aja???” –> tim sinkronisasinya aja ngga sinkron …. wkwkwkwkwk

      • Sekar Pramudyo

        Kacau balau… 5 taon kelamaan dehhh… 🙁

        #miris

        • Palti West

          hahahaha

      • Palti West

        mereka cuman numpang tenar ajah