Klinik Pratama Kemensetneg Raih Peringkat Kedua

16
SHARES
71
VIEWS

Indovoices.com – Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang setinggi-tingginya perlu diselenggarakan berbagai upaya kesehatan melalui kegiatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, dan pemulihan kesehatan. Dalam hal ini, Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman, efisien, dan terjangkau, salah satunya melalui penyediaan fasilitas kesehatan yang dapat diakses masyarakat dan berkualitas.

Klinik Pratama sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan primer memiliki karakteristik tersendiri dan harus dapat mendukung peningkatan kesehatan masyarakat di sekitarnya. Demikian halnya dengan Klinik Pratama yang berada di lingkungan Kementerian dan Lembaga (K/L), diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar dan kebutuhan dari ruang lingkup masyarakat yang dilayaninya.

Baca juga:   Hidup Sehat Dimulai Dari Pola Makan

Beberapa Klinik Pratama K/L memiliki wilayah kerja spesifik seperti klinik pada Rutan/Lapas, daerah wisata, daerah pelabuhan, daerah industri dll. Untuk itu, seluruh klinik tersebut sudah seharusnya mengetahui tugas pelayanannya dan bagaimana melakukan koordinasi dengan Puskesmas, Dinas kesehatan Kabupaten/Kota, dan fasilitas kesehatan lainnya yang berada di sekitarnya. Hal ini sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, dimana terdapat konsep wilayah kerja Puskesmas sehingga setiap klinik seyogyanya berkoordinasi dan mendapat pembinaan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Memeriahkan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh setiap tanggal 12 November 2018, tepatnya yang ke-54 pada tahun ini, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan lomba Klinik Pratama sehat di K/L. Terdapat 18 K/L yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini, yaitu Kemenpora, Kemen PUPR, KemKominfo, Kemensetneg, BPKP, Kemenaker, BKPM, BKKBN, KPPA, Kemhan, Kemen ESDM, Perpustakaan Nasional, BNPT, BIN, BSN, LAN, Kemendag, dan BATAN.

Baca juga:   125 Pegawai KPK Donorkan Darah