Home / Lifestyle / Life & Love / Mengenal Italia Lebih Dekat: Romeo And Juliet

Mengenal Italia Lebih Dekat: Romeo And Juliet

Fiksi atau Fakta ?

Salah satu karya terkenal  William Shakespeare di awal karirnya adalah tragedi “ Romeo dan Juliet “ yang ditulis antara tahun 1594-1596. Tragedi yang mengisahkan sepasang muda mudi dari keluarga bangsawan pada saat itu yang saling jatuh cinta namun terhalang karena kedua keluarga mereka bermusuhan satu sama lain. Kisah ini terjadi kota Verona yang menurut catatan sejarah terjadi sekitar tahun 1303 di masa pemerintahan Scaligeri.

Pada abad pertengahan sekitar tahun 962 – 1806 setelah kejatuhan Imperialisme Romawi, di wilayah Eropa Barat dan Tengah terbentuk Imperialisme baru  yang bernama Imperalisme Romawi suci. Pada mulanya Imperalisme Romawi suci ini direstui Gereja Katolik Roma namun seiring berjalannya waktu terjadi perselisihan dan perbedaaan pendangan  sehingga mengakibatkan banyak pertempuran berdarah dalam memperebutkan wilayah kekuasaan.

Di Italia ada dua fraksi politik yang selalu berseberangan sehingga   menimbulkan permusuhan dalam hal perebutan daerah kekuasaan termasuk di kota Verona. Dua kekuatan besar itu adalah fraksi Guelfi yang didukung oleh Gereja dan fraksi Ghibellini yang didukung oleh Imperator.

Kota Verona juga  mengalami beberapa pergantian penguasa :  pertama di pimpin oleh penguasa dari Milan yang bernama Sambonifacio dari fraksi Guelfi,  ke dua di pimpin oleh dinasti Montecchi dari fraksi Ghibellini, ketiga di pimpin oleh dinasti Scaligeri dari fraksi Guelfi, dan yang terakhir adalah perebutan kekuasaan antara  dinasti Montecchi dan dinasti Capuleti yang menghabiskan waktu hampir 200 tahun. Pertempuran yang paling sengit antara dua keluarga berpengaruh ini terjadi tahun 1325 yang memaksa keluarga Montecchi angkat kaki dari Verona karena dianggap sebagai keluarga pengkhianat. Inilah salah satu penyebab permusuhan kedua keluarga besar itu di masa Romeo dan Juliet hidup. Setelah keluarga Scaligeri berkuasa, mereka  mencoba untuk memadamkan pertikaian tetapi selalu gagal sampai Verona direbut oleh penguasa dari Venice.

Dinasti  Capuleti berasal dari Brescia, sebuah kota yang berdekatan dengan Verona. Dinasti ini sangat di kenal sejak  keluarga Scaligeri menguasai Verona dan berkuasa dari tahun 1262 sampai tahun 1387. Sebuah keluarga yang kaya raya, memiliki banyak tanah, menguasai  bidang perdagangan juga berperan dalam politik kekuasaaan saat itu dan didukung oleh fraksi Guelfi. Dari Dinasti inilah Juliet berasal dengan nama lengkap Juliet Capuleti.

Rumah keluarga Capuleti di Verona.

Bangunan ini sudah beberapa kali berganti kepemilikan, pernah menjadi rumah sakit, apotik, hotel dan restauran. Baru pada tahun 1937 – 1940 di bawah perintah dari Antonio Avena sebagai kepala museum Verona, bangunan ini di restorasi menjadi bangunan bernuansa abad pertengahan dengan gaya arsitektur disesuaikan dengan nuansa waktu itu termasuk balkon yang mengunakan marmer sisa sisa abad ke XIV yang diambil dari museum Castelvecchio.

Dinasti Montecchi adalah dinasti murni dari Verona. Dinasti ini  menjadi agen perdagangan antar propinsi, menguasai banyak jalur perdagangan sejak zaman Imperialisme Romawi dengan menjual barang barang yang berasal dari wilayah Verona dan sekitarnya. Dinasti ini juga yang  menjadikan kota Verona mempunyai posisi yang sangat penting untuk fraksi Ghibellini, sebuah fraksi yang didukungnya dalam dunia perpolitikan saat itu. Dari Dinasti inilah Romeo berasal dengan nama lengkap Romeo Montecchi.

Rumah keluarga Montecchi di Verona.

Rumah Romeo tidak jauh dari rumah Juliet masih terlihat utuh dan tidak ditinggali siapapun  sejak keluarga Montecchi dipaksa angkat kaki dari Verona. Di dinding rumah ini terdapat relif yang menggambarkan pengusiran Romeo dari Verona. Meskipun berada di pusat kota Verona yang ramai tapi dinding dan arsitektur bangunan ini seakan memberikan kesan begitu hebatnya perselisihan dan perseteruan dua keluarga yang berebut kekuasaan di masa itu.

Makam Juliet di Verona.

Makam ini berada di dalam sebuah biara yang digunakan sebagai tempat tinggal biarawan Capuchin yang bertugas di abad ke-13, sekarang tempat ini menjadi museum affreschi “G.B. Cavalcaselle” di Verona.

Romeo dan Juliet, kisah cinta mereka dikenang sebagai sebuah pengorbanan cinta yang tulus meskipun akhirnya mereka berdua mengakhiri hidupnya sendiri karena kesalah pahaman dan menjadi  sebuah tragedi. Akan tetapi diakhir cerita, ada hikmah yang bisa diambil karena setelah mereka berdua tiada, kedua keluarga yang selalu bertikai itu menyadari kesalahannya dan hidup berdamai dan sejak saat itu kota Verona merasakan kedamaian hingga kini. Tragedi Romeo dan Juliet dari jejak sejarah dipadu dengan sedikit legenda ditambah rasa romantis dan tersirat banyak makna ….

Arrivederci…

 

Sumber : Wikipedia.it

Loading...

About Iyus R

Check Also

Mengenal Italia Lebih Dekat : Warna-Warni Yang Dekat Di Hati…

Di negara yang memiliki empat musim seperti Italia, musim semi adalah musim yang sangat ditunggu-tunggu. …