Home / Politik / Amien Dilaporkan, PAN Sebut Tidak Ada Ujaran Kebencian, Biar Hukum Yang Membuktikan
Foto: Amien Rais di Kongres 212. (Indra Komara/detikcom).

Amien Dilaporkan, PAN Sebut Tidak Ada Ujaran Kebencian, Biar Hukum Yang Membuktikan

Foto: Amien Rais di Kongres 212. (Indra Komara/detikcom).

Akhirnya keinginan publik supaya ada tindakan lebih lanjut terkait Amien Rais terpenuhi juga. Amien yang sebelumnya menyebut bahwa Jokowi telah melakukan pengibulan akhirnya dilaporkan terkait ucapannya yang menyebutkan adanya partai Allah dan partai Setan. Amien dilaporkan oleh kelompok cyber Indonesia.

Pelaporan Amien dengan kasus ini menurut saya adalah cara yang cerdas. Karena yang dilaporkan bukan saat Amien menyerang Jokowi, melainkan saat Amien menyerang partai politik selain PAN, PKS, dan Gerindra yang disebut Partai Setan. Hal ini tentu akan membuat musuh harus berurusan dengan sesama partai, bukan langsung ke arah pak Jokowi.

Dan seperti biasa, saat Amien Rais dilaporkan, para kader dan elit PAN selalu siap melakukan pembelaan. Sayangnya, pembelaan di tengah-tengah publik dengan pernyataan apapun tidak akan ada gunanya. Karena kalau kasus ini sudah masuk ranah hukum, maka proses harus dijalani.

“Kalau setiap orang yang ceramah dilaporkan, kasihan Poldanya. Padahal, banyak tindakan lain yang jauh lebih merugikan masyarakat yang semestinya mereka prioritaskan untuk diselesaikan,” ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Minggu (15/4/2018).

“Penjelasan-penjelasan lanjutan dalam ceramah itu, menurut saya, hanyalah pendalaman. Kalaupun ada menyebut golongan tertentu sebagai golongan Allah, tetapi Pak Amien tidak pernah menyebut golongan lain sebagai golongan sebaliknya. Karena itu, tidak ada niat dan perilaku ujaran kebencian dalam ceramah itu. Sebagai tokoh Islam, Pak Amien sangat mumpuni untuk membimbing jemaahnya sesuai dengan tuntunan Al-Quran,” tutur Saleh.

Dilaporkannya Amien Rais ke polisi memang bisa menimbulkan gejolak dari kubu sebelah untuk menentang proses hukum, tetapi perhitungan dana pasti akan jadi pertimbangan untuk menggalang demo. Apalagi ini lagi momen Pilkada serentak. Pasti lebih memilih dana dihabiskan dalam momen tersebut.

Yang repot siapa lagi kalau bukan kaum 212 dan PAN yang berkewajiban menyelamatkan Amien Rais. Soalnya kalau tidak ada tekanan, kemungkinan besar Amien Rais akan masuk Penjara. Karena dalam kasus ini, cukup dicari saja orang yang merasa ucapan Amien menyinggung dan melukai perasaannya.

Inilah mengapa disebut pasal karet. Kita merasa saja orang sudah bisa masuk penjara. Kita tidak senang dan merasa terancam saja bisa melaporkan orang. Walau tidak bertahun-tahun, tetapi sudah cukup buat orang malu dipenjara berbulan.

Menarik untuk melihat kelanjutan prosesnya. Dan yang paling menarik adalah efek dari pelaporan ini tentu saja akan membuat Amien Rais tidak lagi banyak bicara untuk melakukan provokasi. Kalau dilakukan, maka akan memberatkan dirinya. Tetapi apakah Amien bisa menahan diri?? Kayaknya sih tidak.

Semoga saja ini bisa memberikan shock terapi kepada Amien Rais dan mereka yang suka ujaran kebencian untuk mulai berhati-hati. Kalau sekarang harus mulai berhati-hati.

Salam Dilaporkan.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Jokowi vs Ahok dalam Pilpres 2019!!

    Menarik menunggu pengumuman siapa saja yang maju menjadi calon presiden 2019. Dari “koalisi” …