Home / Politik / Cawapres Jokowi Ahli Ekonomi Menguat, Ini Sosok Yang Jadi ‘JK Junior’
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyelamati Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto soal Keterbukaan Informasi Publik. Dok: Istana Wakil Presiden

Cawapres Jokowi Ahli Ekonomi Menguat, Ini Sosok Yang Jadi ‘JK Junior’

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyelamati Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto soal Keterbukaan Informasi Publik. Dok: Istana Wakil Presiden

Mitos Wakil Presiden adalah ahli ekonomi bukanlah sekedar dongeng. Faktanya memang sudah ada 3 kali Presiden kita seorang ahli ekonomi. Dan ini terjadi dalam 3 periode terakhir. Saat SBY jadi Presiden dua periode, Wakil Presiden adalah ahli ekonomi. Periode pertama Wapres JK, periode kedua Wapres Boediono. Jokowi lanjutkan tradisi dengan menggaet JK.

Nah karena JK sudah tidak bisa lanjut lagi, maka muncullah istilah JK kecil. Istilah ini dimunculkan oleh politisi Fraksi PAN DPR, Tjatur Sapto Edy yang menyebut bahwa tantangan terberat Jokowi ke depan adalah bagaimana bisa menyeimbangkan APBN untuk pembangunan infrastruktur dan subsidi yang diyakini akan menjadi beban.

“Kebijakan ini tentu akan memberatkan APBN yang sebelumnya diklaim lebih rasional, menambah subsidi dan memperlambat program utama pemerintah seperti infrastruktur atau program lain. Juga menguatkan dugaan bahwa cawapres depan adalah tokoh yang punya keahlian ekonomi,” kata Tjatur, Kamis (12/4/2018).

Pernyataan Tjatur ini sudah sejak lama sebenarnya dianalisa oleh para pengamat, khususnya bidang politik ekonomi. Karena tantangan ke depan sangat berat mengingat saat ini Amerika Serikat dipimpin oleh Donald Trump yang kebijakannya sering sekali memberikan shock terapy kepada ekonomi dunia. Bukan hanya kebijakan ekonominya saja, tetapi juga kebijakan politik internasional yang diambil.

Rasanya baru kali ini dunia hampir setiap bulan was-was dengan manuver Trump. Indonesia harus mulai waspada dan antisipatif terhadap isu ekonomi dunia. Karena itu, sosok ahli ekonomi sangat cocok mendampingi Jokowi.

Lalu siapakah sosok ‘JK Kecil’ yang saya maksudkan?? Saya menawarkan nama Sri Mulyani. Mengapa?? Karena Sri Mulyani punya representasi yang sama dengan JK. Ahli ekonomi dan juga punya nama mentereng di dunia Internasional. Dalam hubungan dengan negara Islam, Sri Mulyani juga punya relasi yang sangat baik. Terakhir dia ditetapkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia yang diprakarsai oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Mungkinkah Sri Mulyani akan ditetapkan jadi cawapres Jokowi?? Saya rasa kemungkinannya sangat besar. Apalagi akan ada dead lock karena partai pengusung ngotot ajukan elitnya, maka Jokowi akan memilih non partai. Dan nama Sri Mulyani yang jadi calon terdepannya.

Salam Sri Mulyani.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Jokowi vs Ahok dalam Pilpres 2019!!

    Menarik menunggu pengumuman siapa saja yang maju menjadi calon presiden 2019. Dari “koalisi” …