Home / Politik / Gugatan Cerai Ahok, Seruan Tidak Dukung Ahok Presiden Disuarakan, Ada Apa??
Ilustrasi Ahok dan Vero (Andika Akbaryansyah/detikcom)

Gugatan Cerai Ahok, Seruan Tidak Dukung Ahok Presiden Disuarakan, Ada Apa??

Ilustrasi Ahok dan Vero (Andika Akbaryansyah/detikcom)

Gugatan cerai Ahok menjadi trending topik. Hal ini tentu saja karena Ahok adalah tokoh besar dan sorotan publik. Jangankan tokoh besar seperti Ahok, artis kelas teri seperti Vicky Prasetyo saja bisa heboh saat dia gagal pertunangan dan bahkan saat ini tampil sok gagah bersama Angel Lelga dan menurut infonya sudah nikah siri.

Bukan sedang membandingkan Vicky dengan Ahok dan bukan juga sedang mempromosikan Vicky, tetapi saya ingin mengatakan bahwa kalau orang model Vicky saja ada kehebohan walau kecil, apalagi dengan kasus Ahok yang menggugat cerai isterinya Veronicha Tan. Pasti akan sangat heboh.

Kehebohan ini diyakini akan terus terjadi sampai selesainya persidangan cerai. Meski akan sangat melelahkan, tetapi semua proses harus dilalui ketika perkara gugatan sudah didaftarkan. Yang paling melelahkan tentu bukan soal menghadiri persidangan tersebut, melainkan energi yang habis karena menjadi sorotan publik.

Lalu apakah sebenarnya yang mendasari gugatan Ahok tersebut?? Ada banyak isu yang dikemukakan, tetapi belum ada satu pun yang bisa dikatakan sebuah kepastian. Karena pokok perkara hanyalah Ahok dan Vero serta orang paling dekat mereka.

Informan Indovoices sendiri sudah mencoba mengklarifikasi langsung kepada orang terdekat, tetapi sayangnya tidak bisa ditembus. Kalau informan Indovoices yang orang dekat Ahok sebenarnya banyak dan sudah ada yang menyatakan sesuatu yang kembali lagi tidak bisa saya jamin kebenarannya.

Terlepas dari apapun alasan yang mendasari tindakan tersebut, ada satu hal menarik yang menurut saya penting untuk dikonfrontasi. Entah mengapa saya terusik dengan munculnya seruan untuk tidak lagi mendukung Ahok dari seseorang yang mengaku pendukung Ahok. Agak aneh sebenarnya karena dalam pengenalan saya, orang ini tidak pernah mengaku sebagai pendukung Ahok.

Seingat saya, orang ini hanyalah orang yang ulama yang menyerukan bunuh Ahok dan benci Muslim yang melelang leher Ahok. Tetapi entah mengapa ketika ada kejadian gugatan cerai ini, kemudian mengaku pendukung Ahok. Dan parahnya lagi, dia menyatakan Jika Ahok resmi bercerai, tidak mendukung Ahok untuk menjadi pemimpin apapun di negeri ini, baik di tingkat provinsi apalagi sebagai Presiden RI.

Saya kemudian bertanya-tanya, ada apa ini sampai muncul sebuah pernyataan tidak memilih Ahok jadi pemimpin apapun di Indonesia gara-gara Ahok bercerai?? Bahkan menyinggung soal jadi Presiden RI. Apa urusannya Ahok cerai dengan dukungan menjadi Presiden RI?? Mungkinkah ini adalah pesanan untuk mulai mengkampanyekan Ahok tidak untuk jadi Presiden RI??

Entahlah, tetapi saya sendiri menyayangkan sampai muncul sebuah pernyataan seperti ini. Apalagi dasar mengambil keputusannya hanya berdasarkan asumsi. Malah menyamakan kasus Ahok kalau bercerai dengan kasus Prabowo bercerai. Padahal sudah jelas kalau Prabowo itu adalah sebuah pernikahan politik. Sangat jauh jika dibandingkan dengan pernikahan Ahok.

Saya sih tidak terkejut kalau seruan untuk tidak mendukung Ahok disuarakan oleh kubu sebelah, tetapi kalau yang muncul malah dari kubu sendiri dan katanya adalah pendukung Ahok, maka saya jadi curiga. Jangan-jangan ini adalah musuh dalam selimut yang berusaha merusak nama baik Ahok dan memframing masalah ini dengan pencalonan Ahok jadi Presiden.

Saya yakin, kalau seseorang mendukung Ahok, maka dia akan terus mendukung Ahok melalui masa-masa sulit seperti ini. Bukan mengambil kesempatan dalam kesempitan mengemukakan ketidakpantasan Ahok jadi pemimpin di negeri ini, bahkan untuk jadi Presiden RI. Sudah telaahnya sangat jauh, secara etis menurut saya tidak pantas dilakukan oleh seorang yang mengaku pendukung Ahok.

Dan saya jadi paham apa efek lanjutan dari munculnya isu gugatan cerai Ahok ini. Kita jadi tahu, siapa sebenarnya pendukung Ahok dan yang hanya mengaku-ngaku pendukung Ahok. Semoga kita yang benar-benar pendukung Ahok tetap mendukung dia di dalam doa dan yakinlah bahwa Tuhan lebih tahu yang terbaik bagi Ahok dan Vero.

Salam Ahok.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Serial 227 Karya Ahok Yang Mencengangkan (7) Keberanian Ahok Bangun Flyover Pancoran

Di ujung jalan terlihat Ipda Darman, salah seorang petugas Ditlantas Polda Metro Jaya yang berjaga di …

  • Mercy

    Sepakat Ito Palti.

    • Palti West

      makasih to.. ini ito Mercy kan yah??

  • Nick Miller

    Baru nyadar, dah lama banget tulisan bang palti ngga ada di seword.

    • Palti West

      iya pak.. saya sudah tidak di seword lagi..

  • Imanuel Prasetyo Widianto

    Kalo saya lebih cenderung wait & see sampai hasil akhirnya diputuskan.
    Toh apa yang sudah terjadi – terjadilah & saya tidak punya kuasa untuk menentukan masa depan beliau beserta keluarganya dan hanya bisa menghormati keputusannya.

    Itung-itung jadi bahan perenungan & pembelajaran diri sendiri lah bang.

    Salam 1 Indonesia

    • Palti West

      Betul sekali.. makasih sudah komentar

  • si memble

    Semoga tidak ada perceraian, tapi kalo ada sy tetap dukung Ahok asal beliau tetap konsisten bekerja untuk rakyat dan belain rakyat. Keluarga memang penting tapi jika demi jabatan atau ambisi trus jadi hypocrite sembunyikan keretakan rumah tangga, itu lebih menjijikkan.
    Sy merasa kalo Ahok masih tetap Ahok yg dulu, yg bersih, yg transparan, yg berintegritas, yg tetap berani menunjukkan kelemahannya sebagai manusia dan memilih hidup tanpa kepalsuan walau beresiko kehilangan pendukung.
    Walau sy pribadi tidak setuju perceraian, tapi sy tetap dukung Ahok untuk jadi pejabat publik karena kinerja dan komitmen beliau untuk bangsa ini dan bangsa ini butuh orang2 spt Ahok dan jokowi.
    In life, u win some u lose some, u can’t win all for we only human.

    • Palti West

      mantap…

    • gayltanoto

      Bro memble mlhn komennya gak memble.:)))

      • Palti West

        hahahaha

  • nic

    yang tahu masalah perceraian Ahok kan cuman Ahok, istri, dan pengacaranya, lah kenapa orang2 pada ribut membuat analisa dan berasumsi ria seolah2 punya mesin waktu dari masa depan aja. Heran melihat mereka itu haha. Lagipula, urusan pribadi seseorang tidak ada hubungannya dengan kinerja seseorang apabila dia adalah seorang yang profesional. Kecuali Ahok membuat kesalahan di waktu dia bekerja, nah itu yang tidak perlu dibela.

    • Palti West

      Saya tidak suka kalau ada yang menyamakan Ahok dengan Prabowo, AA Gym, dan Mario Teguh.. Sangat merendahkan menurutku..

      • gayltanoto

        Mgkn si cak2 sdh terpengaruh media si HT yg skrg dukung jkw

  • ErikaErika

    Wah @Palti terang2an sekarang…. saya pikir dulu itu, apa yah istilahnya… gaya komunikasi atau strategi komunikasi… ?

    • Palti West

      Terang terangan apa bu?? saya ini dieharder Ahok dan tidak akan pernah setuju kalau ada yang merendahkan Ahok sama dengan Prabowo, AA Gym, dan Mario Teguh..

      Apa saya tidak punya hak menyatakan pendapat saya dan hanya beliau yang terhormat itu saja yang benar??

  • gayltanoto

    So far yg gw baca cm alif yg kyk gitu. Penulis lain swd masih waras kok

    • Palti West

      karena yang lain benar2 pendukung Ahok.. dia mah ngaku2 ajah

      • Clud Candy

        Hahahahah asli gw seneng komen ini

        • Palti West

          Senang kenapa mbak??

      • Harry

        Setuju gua kali ini…alif memang sebenarnya hanya fansnya jokowi. Lagian rejekinya ngalir dari jokowi atau orang2 dibelakang jokowi. Plus jokowi masih berkuasa…ahok tidak. Seword sebenarnya sangat diuntungkan selama ini…terutama saat pilkada dki. Dukungan pada ahoklah yg mendatangkan traffic ke seword. Terbukti sekarang makin loyo…tapi nih naik lagi berkat ahok juga! Hehe 😅

        • gayltanoto

          Tapi komen dan pmbaca2nya gak hits seperti dulu.
          Pnulis2nya juga gak komplit kyk dulu.
          Yg koment dulu2 juga udah jarang gua liat.

          • Palti West

            wah gitu yah.. baru tahu.. dah lama ga ke Seword

          • gayltanoto

            Bro corsair..jempol kejepit.. max sentot ..arsy.. pada gak tau kemana bang. Gk pnh ada di swd lg. Kangen.com sm mereka

          • Palti West

            entahlah.. mereka juga jarang main kemari.. mungkin takut kena bully membelot.. hehehe

        • Palti West

          waduh.. ini analisanya nanti malah kena serang loh.. bisa dilaporkan pencemaran nama baik.. 😉

          • Harry

            Pencemaran nama baik apa? Rejeki kan bisa macam2m…dipanggil jadi konsultan politiklah atau pembicara kan bisa aja. Atau yg lain…who knows. Yg pasti dibelakang jokowi ada banyak orang yg berkepentingan yg gak pelit keluar duit.

          • Palti West

            iya juga sih..

        • Nawadi Zheng

          Karena cak tau traffiknya menurun.. dibikinlah bbrp tulisan tentang Ahok dlm bbrp hari ini. Dan opininya sbg pimpinan seword… bikin gua eneg bacanya 😝 Ndeso!

          • gayltanoto

            Jmlh tulisan2 nya swd makin berkurang.
            Eh ada brita Ahok…ngehits lagi.tapi nge hitsnya karena dibully
            Abis tulisannya kyk micin

          • Palti West

            walahh

          • Palti West

            waduh

          • Lanina

            Anggap hikmah aja. Dr kejadian begini, dgn tdk sengaja ‘ahoker kw’ terbuka topeng nya

          • Nawadi Zheng

            Yoi.

          • Palti West

            hahahaha

    • Nawadi Zheng

      Keknya gak tuh 😊

      • gayltanoto

        Sapa lagi bro? Yang KW? Hahaha

        • Palti West

          sapa yang KW??

        • Nawadi Zheng

          Ahoker kw yah 😁😁😁

          • gayltanoto

            Gue baru baca si kulik ya…pnulis swd yg ngakunya lulusan sma.
            Coba baca tulisannya deh

          • Nawadi Zheng

            Gua mah gak ambil pusing kehidupan pribadi en keluarganya. Itu bukan hak gua walaupun jika saya saudaranya. It’s their right en life! Who the hell am i???
            Opini2 mereka yang kita baca akan menunjukkan apakah mereka pantas ditinggikan- dihormati atau sebaliknya. Selama Ahok msh dan mau berjuang sebagai pemimpin untuk kesejahteraan, kemajuan Ibu Pertiwi.. Saya teutep Ahokers! Kalau berubah… bye bye go to hell lah! Maaf cuma pendapat saya.

          • Palti West

            mantap

          • Palti West

            dia itu dewa banget.. hehehe

          • Palti West

            yupp…

      • Palti West

        wah ada lagi yah..

        • Nawadi Zheng

          Dr opini2 penulis ada 2 keknya. Tapi saya juga bisa salah mengartikan opininya. Maklum otak dan pengetahuan saya terbatas. Tapi moga2 otak dan hati nurani mereka dibukakan seluas2nya dan moga ngurangin nelen micinnya 😁

          • Palti West

            tetapi tidak semua juga kok siap terima orang seperti Ahok jadi pemimpin di negeri ini.. walau ngakunya NKRI

          • Nawadi Zheng

            Betul banget itu!

          • Palti West

            yupp

          • gayltanoto

            Mgkn quote dari bro capuholic.. krn ada si HT di barisan jkw. Dulu cak2 sampe ribut sm HT. Sejak satu genk di barisan jkw.. HT nyuapin micin ke si cak2.. jadilah terkontaminasi. Who knows ya. Buktinya dulu si HT laporin swd ..gak ada f up. Means mrk sudah berdamai kali

          • Nawadi Zheng

            Mungkin banget.

          • Palti West

            kayaknya sih tidak

          • Palti West

            sudah jangan dibahas itu kejauhan

    • capuholic

      Bang alif sebenerny mah jarang nulis. Aq lebih seneng bang hans, nafys atau gusti gitu. Cuma yg agak aneh menurutku, kalo emang dy bikin seword untuk opini dy tapi kog dy nggak nulis setelah seword udah gede gini. Namany opini kan harusny bakal beda dong semua orang. Exp bung palti masih nulis terus nih dsini, hihihi

      • Palti West

        hehehe.. tanya kenapa??

        • capuholic

          Kenapa emang bang? Hahaha, penulis indovoices udah banyak bang?

    • Monic K’Nia

      Skr udah ada 2 or 3 disewot yg penulisnya beropini kaya alip, bahkan ada seorg penulis yg udah merasa jadi Tuhan n bilang klau Ahok salan n berdosa ckckckck

      • Palti West

        dah sama dong kayak kaum sebelah yang dah jadi tuhan di negeri ini

  • Lanina
    • Palti West

      mantap

      • Ucing Maung

        Makin sedih saya, suratnya spt memberi clue 😢

        • Palti West

          tapi jangan langsung simpulkan apapun

    • Mr. ius

      Kalau ini saya percaya. Karena ada tanda tangan Ahok

      • Palti West

        mantapp

    • Clud Candy

      Thanks infonya, tapi kalau gw sih tetep ga akan menyimpulkan apapun.
      Apalagi sampai menuduh bu vero kenapa2, krn emang belom tau masalahnya apa.

      • Palti West

        setuju.. jangan sampai menyimpulkan.. apalagi menyamakan Ahok dengan kelakuan orang lain

    • Harry

      Ahok kan orangnya konsisten. Dia bilang tidak boleh cerai kecuali berzinah.

      Sekarang dia gugat cerai…artinya terjadi perzinahan. Simple. Kalau gak berarti dia gak konsisten. And i don’t respect that

      Kalau kayak gini kan semua orang tetap berspekulasi. Baik supporters maupun haters…transparan aja.

      • Palti West

        wuih.. langsung-langsung si bro

  • gayltanoto

    Si cak Alif ya bang:)

    • Palti West

      iya.. rendah banget AHok disamakan dengan Prabowo, AA Gym dan Mario Teguh

  • Eddy Lou

    aneh, portal opini top dan ada ribuan follower berkomentar ‘ tidak lagi mendukung ahok’ apa ada pesan sponsor dari sebelah?

    • Palti West

      nah itu dia

  • Chandra of Dol Amroth

    Ini sih tergantung yah, bisa saja bos seword itu ada berserk button dengan perceraian gitu (Bukan bela mas Alif), tapi bisa saja kan pandangan tiap orang tentang perceraian itu beda – beda.

    Kita juga langsung vindictive juga sih bilang dia pendukung sebelah, masih banyak hal yang gelap n belum muncul ke permukaan, mendinan liat dulu isunya sampe bener kebuka semua

    Personally, kalau dia cerai i’d give them peace and not hounding them

    • Lanina

      Aneh lah, spt yakin aja perkawinanan nya & perkawinan keturunan nya di jamin anti cerai selama nya. Apa lupa, tiap perkawinan itu menyangkut 2 org yg punya tetap punya pikiran & perasaan masing-masing?

      • Palti West

        dia aja belum pernah ngomong sama Ahok.. rendah pula dibuatnya Ahok

      • Clud Candy

        Hahahaha emang tuh

    • Palti West

      kalau dia samakan dengan Prabowo, AA Gym, dan Mario Teguh itu jelas merendahkan sekali.. Tidak setuju perceraian dan menyamakan tidak memilih Ahok seperti perceraian Prabowo itu analisa apaan?? Kalau ga pesanan pasti memang dari awal ga dukung sama Ahok..

  • Rohadi Sutisna

    Sahabat (baca: Pendukung) sejati akan nyata di saat sahabatnya (baca: orang yang didukung) sedang dalam kesusahan atau bergumul berat tetap hadir sebagai sahabat (baca: pendukung).
    Sebaliknya sahabat oportunis (baca: pendukung oportunis) akan lari di saat sahabatnya (baca: orang yang didukung) sedang berkesusahan atau bergumul berat.

    Tkasih Ahok. Kasus perceraian (entah benar, entah tidak) mampu membuka topeng banyak orang yang mengaku ngaku sebagai pendukung.

    TUHAN memberkati Ahok & Keluarga

    • Angel R.

      Setuju, Mas @rohadisutisna:disqus. Yang namanya sahabat, apapun situasinya, akan selalu mendoakan yang terbaik. Bukan malah dibuang saat sedang kesusahan. Yang begitu, mah, teman dengan S & K berlaku.

      • Palti West

        semakin jelas terbuka semua

    • Palti West

      setuju.. kedoknya terbuka sekarang

    • Mr. ius

      AHOKERS terpecah. Kaum Onta Budat girang

      • Palti West

        Ahokers tidak pernah terpecah.. kecuali yang ngaku2 Ahokers

        • NICO

          Betul. Saya akan tetap mendukung Ahok selama beliau tidak korupsi.. (wuih, ternyata dimari banyak teman2 lama nih. Wkwkwk..)

          • capuholic

            Kemana aja bang nico?

          • NICO

            Nyasar gan, kayak anak ilang dah.. Wkwkwk..

          • Palti West

            makanya main2 keluar biar lihat dunia lebih luas

          • NICO

            Udah ketuaan buat main2 keluar, paling ikutin berita aja supaya tetap gaul.
            Wkwkwkwk..

          • Palti West

            Hahaha

          • Palti West

            hahahaha

  • No Fear

    Kurakura kebanyakan makan Micin ??
    So…., Money wins ???

    • Palti West

      yoi.. semakin jelas sudah

    • Clud Candy

      Gw sependapat. Tapi money dari pihak siapa?
      To me, bukan dari pihak bowo.
      Dari sejak pilkada dki putaran ke 2 udah mulai kelihatan kok.
      Tapi gw emang belom punya bukti kuat.

      • No Fear

        Pihak non-JKWaHok :
        Bochor2, KayuHarum, SriBuaYa, Khilaf(@h), PartaiKawinSiri +gerombolan2&Genk2nya

        • Clud Candy

          Aahh really?
          Skrg gw ga punya bukti, tapi ttg alif ini, jangan terlalu yakin pihak bowo yg jadi tertuduh.
          Lihat aja perkembangannya.

          • No Fear

            Gw juga ngga nuduh yg ini atw yg ono, juga ngga nuduh cak alif. just make a list of those who are capable and have reasons & money to do so. Yg pasti money can change almost anything. Judas aja jual Jesus utk 30 keping perak (?).
            & Seword memeng terasa lain sejak down yg terakhir.

          • gayltanoto

            Swd dah mulai sepi. Yg komen juga sepi. Pas nulis ttg ahok..baru rame yg komen dan yg baca. Artinya mereka cari duit memanfaatkan cerita ttg ahok juga.

          • No Fear

            Kesempatan dalam kesusahan org lain…

          • gayltanoto

            Saya ingat bbrp waktu lalu waktu si cak nulis dgn judul *sudahlah ahok salah gnpfmui juga salah.*

            Tulisannya sgt tendensius .. dan menyalahkan ahok. Kalo ahoker tau lah ini skenario menjatuhkan ahok di pilkada dki.

            Yg sampe sekarang gua geram ya biang keroknya si jijik itu gak ditangkep2. Kyk dibiarin bebas aja. Rijek ditangkep pun ..gak sepadan dgn kekalahan ahok.
            Masak berlian dituker sama pisang busuk firsa? Nggak bgt lah.

          • No Fear

            Bahkan BumiNyanyi pun masih tetap bebas bernyanyi walau sdh di vonis penjara.
            Kehakiman & Kejaksaan belum tersentuh Reformasi.
            Gimana nyapu lantai Kotor dgn sapu yg Kotor juga !??

          • gayltanoto

            Iya sangat beda perlakuan thdp Ahok.
            Mentang2 si Ahok non partai..dan gak ada beking kuat.

            Hrsnya dulu dia maju independent aja sekalian. Tapi mgkn ini sdh takdir yg di atas. Cuma Ahok kapok bgt mgkn krn dikhianati.
            Politik oh politik

          • capuholic

            Gue juga mikir gitu, bener ya ternyata. Hahaha,

          • No Fear

            Politics just one way to achieve fame & richness.
            Seword has been a great tool to catch the money wave. Just look at the ads. ( Some sex ads, some forex ads, very educational hahahah)

          • capuholic

            iya bener, pas hari tanu dukung jokowi, gue inget banget. nah urusan iklan, kadang gue mikir adsense kan emang nampilin iklan hal yang sering kita search atau emang iklan disana ya gitu2an?

          • gayltanoto

            Nah ini dia. New enlightment. Bener tuh sejak si HT dukung jkw..si cak2 mgkn terpaksa jadi micin. Dukung si HT.

          • capuholic

            gue shock nih bang sampe ngenet pake lepi. makasih bang udah membawaku kembali ke indovoices, walaupun aku jarang juga sih baca seword. bang palti mana nih, kasih tau ke bang palti web ini agak diberesin gitu. aku bakal baca indovoices terus kalo susunan webnya jangan gini2 amat. at least yang recent post tuh cuma recent post aja, nggak perlu aku scrol mpe bawah banget. pake lepi mah enak, pake hape tuh males jew (mudeng nggak ya gue ngomong)

          • gayltanoto

            Betul webnya kudu dibuat rapi n ada dibuat ada sub.page nya gitu yaak.

          • capuholic

            bener banget bang, terutama recent post tuh ya mbok diatas biar kita bisa update terus. yang namanya most popular atau recent comment mah nggak gitu penting, ilangin aja, nggak usah terlalu banyak tag2 juga. hahaha, banyak komen nih aku. tapi suer at least nambah aku baca, sapa tau makin banyak juga yang hadir dan tersadarkan,

          • Palti West

            siap akan kita bicarakan..

          • Palti West

            hadir.. masukan diterima.. loe promosiin IV yah mas bro..

          • capuholic

            Hahaha, maaf nggak langsung komen k bang paltiny. Ngomongin saingan, mumpung yang sana agak sakaw micin, bang palti baik2in web ini. Nggak black campaign yg sebelah, tapi sapa tau lapak ini bisa menarik juga. Hihihi,

          • gayltanoto

            Mgkn saja gara2 doi minum kencing onta dan terdoktrinasi jadi tersesat.
            Story kyk si munrmn yg jadi jongosnya si rijek. Dulu dia si mumun lbh netral tapi sjk gaul sama si rijek jadi micin tuh si mumun.

          • Clud Candy

            Hahahaha

  • Nawadi Zheng

    Opini bos seword makin hari makin ketauan belangnya. Setuju ama Bung Palti.

    • Palti West

      saya ga perlu bukalah.. dia sudah bukakan sendiri kedoknya

  • betterthangood ina

    gmn coment bos seword??

    • Palti West

      orang Pekok itu.. analisa Ahok sama dengan Prabowo dan AA Gym.. analisa kok ga pakai otak sih..

      • Nawadi Zheng

        Orang pekok itu… dg analisa dengkulnya akan menghancurkan karyanya sendiri!

        • Palti West

          dia memang bukan pendukung Ahok kok

          • Nawadi Zheng

            Dari opini tahun lalu saya bisa meraba beliau ini termasuk org yg tidak pro Ahok. Cuma memakai Ahok utk membesarkan bisnisnya 😊

          • gayltanoto

            Kalo gitu drpd jd racun mnding cabut dr swd

          • Nawadi Zheng

            Saya msh membaca opini2 di seword yg mencerahkan. Msh banyak penulis yg berpikir waras dan normal menggunakan kepiawaiannya pena dan otaknya menceritakan kenyataan yang benar dan betul.
            Saya dah heran bbrp penulis khusus PW kok gak prnh beropini di seword lagi. Saya pikir Beliau mau membesarkan Indoivoices krn untungnya luar biasa.. eeh taunya msh ada alasan lainnya yang tau persis sekarang.
            Kalo cak alif?? Hehehe.. sdh terasa micinnya dari tahun lalu.

          • Palti West

            wuihhh

          • gayltanoto

            Bung ninoy lumejen kok. Deni siregar jg objektif.

          • Palti West

            yupp..

          • capuholic

            Perasaan bang palti pernah bahas deh di artikel bertemu ahok lewat surat, betul kan bang?

          • Nawadi Zheng

            Yup barusan saya baca opini Bung Palti. Trims infonya.

          • Palti West

            baru suratnya.. tapi dengan kasus ini saingan jadi sedikit.. hahaha

          • capuholic

            Haduh bang, aku berharap jangan saingan deh. Semoga bang palti n indovoices emang berniat ikut berjuang demi kebenaran kemanusiaan n keadilan sosial, nggak cuma money oriented aja. Ok bang?

          • Palti West

            tidak usah begitu juga.. tetap ada kok yang bagus tulisannya dan mencerahkan

          • Palti West

            tidak perlu analisa sampai begitu.. wajarlah dalam berbisnis

      • Angel R.

        Hahaha… Tarik napas, mas…

        • Palti West

          hehehehe

      • Lanina

        Spt ‘di tusuk dr blkg’ rasa nya, Bang (baca artikel nya)

        • Palti West

          tidak setuju tidak masalah.. samakan Ahok dengan makhluk rendahan seperti mereka itu otak apa dipakainya??

    • HMV5888

      Saya jg kaget baca tulisan bang Alif, saya cuma berharap krn ini cuma emosi dan rasa kecewa sesaat, biasanya ga kek gini dia. Komen2 di artikel bang Alif ini jg banyak seworder yg bingunh, mempertanyakan dan mencoba klarifikasi

      • Palti West

        dari awal dia tidak pernah sebut diri pendukung Ahok kok.. jarang juga tulis tentang Ahok..

        • gayltanoto

          Saya pernah komen di tulisannya alif waktu ahok masuk bui. Dia terang2an blg ahok salah shg dibui. Khan micin bang. Kasus ahok almdh itu pure kriminalisasi ..seenak udelnya dia mnganalisa ahok salah. Dia mmg ahoker Kw

          • Palti West

            awas loh ntar kena serang.. biar aku aja yang dibully.. para pembaca tidak perlu

          • gayltanoto

            Kejadiannya dah lama kok bang. Klo gak salah juni julian 2017 lalu.

          • Palti West

            iya tidak perlulah.. Gusti Mboten Sare

    • gayltanoto

      Si cak alif kah yg dimaksud?

      • Palti West

        yoi

  • Gus Agus

    Siiippp !!!

    • Palti West

      apa yang sip ini mas?? hehehe

      • Gus Agus

        Bukan judulnya , tapi esensinya lae