Home / Politik / Jelang Pelantikan Anies-Sandi, Program Tipu-Tipu DP 0% Kembali Menghangat
https://pbs.twimg.com/media/DL_07d-U8AA5QzG.jpg

Jelang Pelantikan Anies-Sandi, Program Tipu-Tipu DP 0% Kembali Menghangat

Salah satu program Anies-Sandi yang sampai jelang pelantikan menjadi paling banyak pertanyaan dan menjadi kebingungan bersama, baik yang menjanjikan dan juga yang dijanjikan, adalah progam rumah DP 0%. Dari awal program yang menjadi jualan kampanye pasangan Anies-Sandi ini tidak pernah pasti. Bahkan kalau mau direview balik, ini adalah program yang paling banyak direvisi.

Revisi mulai dari namanya yang berganti-ganti, sampai kriterianya juga berubah-ubah. Perbedaan penyampaian antara Anies dan Sandi serta tim pemenangan juga terjadi berkali-kali. Nama berubah dari rumah tanpa DP, menjadi rumah DP 0 sampai akhirnya menjadi rumah dengan DP 0%. Padahal, meski nama diubah-ubah tetap saja tidak mengubah esensinya, yaitu bisa dapat rumah tanpa bayar DP.

Bukan hanya nama, ketentuan untuk mendapatkannya pun berubah-ubah. Awalnya untuk masyarakat menengah ke bawah, gaji maksimal 7 juta, lalu berubah kisaran 3,5 juta sampai 7 juta, lalu muncul lagi minimal 7 juta. Karena yang menjanjikan bingung menentukan bagaimana model pembiayaannya, akhirnya kubu Anies-Sandi memilih bungkam dan memperjelasnya setelah pelantikan.

Pilihan bungkam ini memang menjadi pilihan terbaik daripada mereka semakin tampak kebodohannya dan semakin tampak bahwa program ini bukanlah program yang sudah dipikirkan matang. Kalau dipikirkan matang pasti tidak akan pernah berubah-ubah, tetapi ini begitu ada yang kritik langsung berubah. Apa begini nanti saat mereka berkerja?? Berubah-ubah tidak menentu??

Program rumah DP 0% ini akan menjadi salah satu program yang akan terbongkar tipu-tipunya. Mereka dengan sendirinya akan malu karena program mustahil ini akhirnya akan terus berubah sampai masuk akal. Masuk akal karena akhirnya tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat bawah. Padahal, program mereka ini awalnya untuk warga miskin yang terkena gusur.

https://pbs.twimg.com/media/DL_07d-U8AA5QzG.jpg

Dalam sebuah iklan, Pandji yang jadi jubir Anies-Sandi mengatakan program ini adalah untuk masyarakat menengah ke bawah. Tetapi saat dikonfirmasi, masyarakat bawah itu ternyata bukanlah masyarakat miskin. Kalau memang bukan untuk masyarakat miskin, kenapa tidak bilang saja untuk masyarakat menengah?? Apakah memang sengaja menyebut masyarakat menengah ke bawah?? Itu menipu namanya.

Menurut saya dan semua yang punya nalar dan sudah kebal sehingga tidak lagi bisa ditipu, program rumah DP 0% ini jelas adalah program tipu-tipu. Ini adalah gimmick untuk kampanye tapi tidak akan pernah terealisasi. Alasan apapun akan disampaikan sampai pada akhirnya mereka minta waktu tambahan. Padahal sudah jelas ini program tidak mungkin dilakukan dalam kapasitas Pemerintah Daerah.

Sekarang saja, sudah mulai kubu partai pengusung Anies-Sandi menyebut program DP 0% tidak langsung bisa dilakukan gara-gara Djarot. Padahal masalahnya bukan di Djarot, tetapi masalahnya di logika berpikir terhadap program mustahil tersebut. Lah, pemerintah pusat saja yang punya dana APBN bejibun cuman berani kasih DP 1%, Anies-Sandi malah DP 0%.

Kelakuan Anies-Sandi ini mirip seorang cowok alay dan tukang gombal yang selalu mengatakan kepada gadis-gadis untuk membelah dadanya sebagai bukti cinta sejati, tetapi begitu mau dibelah dadanya langsung bilang itu hanya kiasan. Program DP 0% ini pun ujug-ujugnya begitu juga, ketika ditagih maka bilangnya tinggal alasan klise, “Kami sudah berusaha, tetapi tidak cukup dananya”.

Kalau sudah begini, lalu apa yang mau dikata?? Para penipu berhasil sudah menguasai Jakarta. Lalu apakah kita berharap Jakarta dipimpin dalam sebuah kejujuran dan integritas?? Jangan harap. Ketika merebut sesuatu dengan menipu, maka tipu-tipuan lain akan dilakukan. Karena bagi mereka menipu itu lumrah dan halal hukumnya. Seperti tidak ada perasaan bersalah.

Inilah yang membedakan Ahok-Djarot dengan mereka. Ahok-Djarot kampanyenya manusiawi dan masuk akal. Mereka tidak mau melakukan gimmick kampanye meski itu memungkinkan. Karena mereka mementingkan kejujuran dan ketulusan. Tidak pernah lahir ketulusan dan pengabdian dari sebuah usaha menipu.

Dan untuk itulah, maka kita jangan biarkan mereka ini, para penipu ulung, tenang memimpin Jakarta. Kita blow up semua usaha tipu-tipu mereka. Setiap ada yang ganjil laporkan dan blow up ramai-ramai. Ibarat kunci rumah kita kasih kepada penjaga tukang tipu, maka CCTV kita pasang berlipat-lipat. Supaya rumah kita tidak diobrak-abrik dan semua harta ludes tanpa tersisa.

Saya sudah menetapkan diri menjadi seorang oposisi. Akan menjadi pengawas dan pengawal kebijakan-kebijakan di Jakarta. Ahok bisa mereka penjarakan, tetapi garangnya Ahok menjaga APBD dari para garong tidak akan bisa dipenjarakan. Ahok bisa dipenjarakan, tetapi ide dan perjuangannya wajib kita lanjutkan. Anda mau gabung?? Ayok sama-sama kita lanjutkan perjuangan Ahok.

 

“Makanya banyak yang mau tebang saya. Saya sudah tebak perjalanan ini, ke mana. Semua bisa penjarakan Ahok, tapi enggak bisa penjarakan ide saya,” ucap Ahok.

 

Salam Kawal Tukang Tipu.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Ketua BNN Ragu Anies Tegas Tutup Diskotik Jual Narkoba, Alexis Saja Masih Buka

Ternyata bukan hanya kaum cebong saja yang ragu dengan kepemimpinan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. Ternyata …

  • MARI BERJUANG BRO PALTI !!, Kita Butuh Orang Orang Seperti Bro Palti Lagi ,, jangan kalah oleh media media sebelah,, !!.. yuk menulis

  • Prisca

    Mari kita jadi tukang nyiyir 5th kedepan… Hari senin, hari yg menyebalkan melihat gusar dilantik.

  • Felix Lai

    DP 0% atau 0 Rupiah ataupun apalah nantinya jika berubah lagi judulnya tetap tdk akan membuat kalangan menengah kebawah sanggup menyelesaikan cicilan rumah tsb dan jika adapun gak akan sampai 20% yang mampu sampai garis finish.
    Dan itu bukannya Anies Sandi tdk paham itu.
    Jika Panji mengatakan itu sebagai iklan pilkada, aku rasa Panji tdk paham akan perbedaan iklan untuk suatu produk dgn iklan janji calon Gubernur.
    Produk bisa diiklankan dalam bentuk iming” dan effeknya produk tsb tdk akan laku jika perusahaan tsb ternyata iklannya bohong.
    Sedangkan jika calon pemimpin sdh “mengiklankan” dan tdk bisa melaksanakan, maka taruhannya bukan hanya kepada org tsb, tapi kerugian yang ditimbulkan selama 5 tahun utk masyarakat daerah dimana dia memimpin dan waktu tdk bisa mundur kembali.
    Dari dulu juga sdh pernah dibahas, bukan masalah DPnya, tapi cicilannya .
    DP 0%/0Rupiah otomatis akan kenaikan nilai cicilan dan jika ditanggung pemerintah untuk DPnya, apakah ada dana tsb dan apakah akan effektif jika disetujui olej DPRD ? Apakah tidak menimbulkan celah utk korupsi jika subsidi DP menggunakan anggaran ?

    • Palti West

      itu kayaknya sih sasarannya.. hehehe

  • No Fear

    Masa2 Was2 & setrééss AniesSandi sudah mulai,…. :
    – selalu dibandingkan dgn jaman Ahok
    – selalu diawasi KPK & bumi bulat
    – ditagih janji2 kampanye & “sabetan-kontribusi” utk gerombolan Khilafah bumidatar
    – dimintain “upeti” sama partai2 pendukung-nya
    – nyiapin sumbangan pilpres utk prabocor
    – ToPig nyinyir dkk akan selalu datang minta “sangu”

    • Palti West

      Setuju

    • betterthangood ina

      setiap point sudah bisa jadi judul artikel tu fear………. tinggal send ke um west………..:(

      • No Fear

        👍👍

    • Hendra Sulindra

      jangan lupa ngirim bansos ke yg lagi ngacir ke arab ya nies

  • Dr. Lao

    Siap mengawal kebijakan2nya (yg terekspos media, karena kemungkinan sangat besar rapat2 dinas akan tertutup dan ga bisa diakses dari youtube, takut belangnya keliatan)

    • Palti West

      Betul sekali

  • eddy hans

    Itu pasangan a su udah mulai gak kompak , gmn mungkin mau bikin program penjediaan perumahan , apalg program itu cukup ribet , mau nabrak peraturan bi ? apa dikira gampang ? ya tinggal kita skat aja klo gagal , …
    we gonna wacthcing you ….

    • Palti West

      Kita sikat tanpa ampun

    • Lanina

      Ciiissss….., yg beginian jd administrator ibukota? Memalukan! Di ketawain dmn mana, menang bukan hasil prestasi kerja tp gosip sara

      • Palti West

        hahaha.. kok gosip SARA

  • Chandra of Dol Amroth

    Ayo terus panggang gubernur daye ini, jangan biarin mereka tenang

    Biarkan api kritikan nyala terus, wong mereka yang nyiapin kayu bakar+minyaknya, tinggal dipantik aja biar terus jalan wkwkwkwkwk

    • Palti West

      Jangan kasih kendor

  • No Fear

    Baru nemu situs-nya bang Palti, All the best, bang. Cool running !!

    • Palti West

      Welcome.. Ayok gabung nulis juga..

    • betterthangood ina

      fear, mumpung ada bahan gorengan yg siap direbus sejak 16 okt, tulis lah rame2 disini, komen2mu di tambah 2 paragraph uda jd artikel bagus thu…………):

      • No Fear

        Ahhh…bisa ajéé…, Thnx anyway, someday maybe….maybe yes maybe not, hahahahhh..👍👍😁😁

        • betterthangood ina

          gw mantan k tar mo ajak2 para penghuni planet kenthir k utk ngeramein indonesia eee… salah iv nya um west……….
          tapi gk bakal rame deh, jebolan k tue2 jaim lagi……..wkkkk. biar aje di lapak um west di dominasi angkt muda pembahuruan aja………wkkkk

          • No Fear

            mantan k, jebolan k , apaan sih ‘k’ ? Bisikin dong ??

          • betterthangood ina

            kompasiana, ahoker yg terluka sementara bertapa, entar kalo jkt mulai ngawur, para sesepuh k itu pasti geregetan, kita ajak mereka mengawal jkt di iv……….(:

          • No Fear

            ‘k’ = kompisiono ? (ngga pernah betah di sonoh)
            ‘k’= kampos ? (no freedom of speech, banyak sensor)

          • betterthangood ina

            makanya disane ahoker yg lg rehat n bertapa jg banyak, mereka nunggu timing, gabung sw mereka ogah keliatannya, mudah2an di iv um west mrk mau…. karena rerata mereka adlah pencinta indo(voices)nesia kabe….:)

  • Indri Giber

    IMHO, DP 0% bisa menyebabkan moral hazzard di sisi penerima. Tanpa DP, motivasi untuk berjuang melunasi kurang, kan ‘nothing to loose’. Sedangkand di sisi lain, ini sangat beresiko buat penyedia jasa keuangan. Non-performing Loan (NPL) atau kredit macet itu momok buat semua bank. Kalau bank collapse siapa yg ngasih pinjaman modal usaha dan pembangunan, serta menggerakkan ekonomi?

    Just my two-cents-worth…

    • Palti West

      Itu bedanya dgn dp 1% Jokowi.. Yang satu lagi kan memang OK OC, Ogah Kerja Ogah Capek

      • No Fear

        Wekekekekkkk…..
        OK OC, Ogah Kerja Ogah Capek
        Ohh yes…Ohhh noooo….!!!

        • Palti West

          Waduh

  • Felix Lai

    Sudah tak sabar melihat bagaimana Anies mengeluarkan jurus taichi.
    Ditanya soal reklamasi, jurus menyalahkan pemerintah pusat.
    Soal DP 0 rupiah jurus menyalahkan BI.
    Sandi sudah memperagakan jurus bangau yang siap mematuk ikan” yang saat kampanya sedang digemukkan.

    • Palti West

      Hhahaha.. Dah siap strategi ngeles yah

      • Felix Lai

        Bagi tugas bro…. Yang Gubernur bagian ngeles yang wakil bagian matuk ikan” yg sdh mulai gemuk.

        • Palti West

          tapi dia kagak pernah gemuk yah.. uang ditimbun semua??

          • Felix Lai

            Dia mah gak perlu utk gemuk di badan, tapi yg perlu gemuk itu timbunannya.
            Dan gak perlu juga kita doakan untuk gemukkan badannya, hehehhehe

    • Gus Agus

      duh jangan taichi lah.. jurus yg lain saja… taichi bagus tuk kesehatan..

      • Felix Lai

        Hahahha…. Taichi kalau digunakan untuk olahraga pastinya akan membuat kita sehat.
        Tapi ini taichi yg digunakan Anies adalah buat ngeles dari serangan dan menjatuhkan lawan.

  • Sekar Pramudyo

    Sadissss!!!
    Artikel membara..

    #lanjutkan!!

    • Palti West

      Siap mbak.. Ayok ikutan nulis mbak

  • Wahyu Widodo

    Makin galak bro Palti
    luar biasa, lanjutkan.

    • Palti West

      Pemanasan sebelum hantam mereka mulai hari senin

      • Wahyu Widodo

        Wokwokwok…
        yayayaa….
        oohh senin yo sudah ada
        tukang gubernur baru..
        lengkapi senjata dan amunisi Bro.
        by data dan fakta atas kekonyolan2 mereka
        hehehe

        • Palti West

          Ini salah satu yang terkonyolnya

        • capuholic

          Ternyata tiga hari ini banyak hal konyol yah, hahaha

  • Robin

    Setuju, kami akan selalu kritisi tukang tipu tipu ini, jangan biarkan mereka tenang sampai 5 tahun ke depan, kalau mereka nyeleneh, kita banjiri twitter, fb atau apapun sosmed yg mereka miliki sampai sampai mereka tdk berani melihat twitter sendiri, makan tak tenang, tidur pun terbawa mimpi buruk

    • betterthangood ina

      ayo bin, kau tulis lah artikel…. dari cara bikin komenmu, tambah 2 paragraph sudah jadi artike;……………….. kemana aja temen2 seword, biar disana di bom kita grilya di lapak baru….:(

      • Wahyu Widodo

        Apakah seword bisa berkibar lagi..?

        • Chandra of Dol Amroth

          Bisa, cuma butuh sdikit penyesuaian biar bisa uplod artikel lagi info dari seorang penulis di seword

          • Palti West

            Betul

        • Palti West

          Bisa kok

        • betterthangood ina

          sangat bisa sw comeback

          tapi iv um west ini sbg pengawal gub baru, dan menolong pilkada2 lain di indonesia berjlan waras……….:)….. begitu kan um wewst??

        • Majt Lina

          Seword itu sakti koq Mas, meski dibantai sampai koma, tapi cuma sebentar doank. Tar pas bangkit lagi, elmunya tambah kenceng…

          Btw, piye kabare Mas..? Diriku kangen becanda en ngakak…. wokwokwok….

          • Wahyu Widodo

            Alhamdulillah mbak bro
            wokwokwok…
            Aku agak sibuk skrg
            nyambi tukang bersih2 di walikota.
            maklum mulai 16 okt 17 pelataran walikota penuh iler Gubernur,,,
            yg selalu muncrat kebanyakan RETORIKA…

            Wokwokwok

          • Majt Lina

            Lah buset dahh. Hujan lokal yakk… Tiap kali mangap, yang keluar retorika, jijiiikk…. bingiiiittz….

          • Wahyu Widodo

            Iyo..
            nggilaniii….
            kayak diterjen mulutnya
            MUMPRUK….

      • Gus Agus

        iya nih penulis2 seword pindah “ibukota” dululah disini…

    • Palti West

      Mantap

  • betterthangood ina

    mari rame rame kita skak tukang tipu itu lae……………:)

    • Palti West

      Gas terus,…