Home / Politik / Ketika Haji Lulung Ngotot CSR Masuk APBD, Tanya Kenapa?!
Haji Lulung (Foto: Ari Saputra-detikcom)

Ketika Haji Lulung Ngotot CSR Masuk APBD, Tanya Kenapa?!

Perjuangan Ahok mempertahankan APBD dari para garong sepertinya akan tinggal cerita. Pergantian Gubernur akan membuat semua cerita tersebut kemungkinan besar akan menguap. Kecuali kita semua kecele dan ternyata Gubernur baru tidak tersandera kepentingan para garong di belakangnya.

Karena kalau berharap kepada DPRD DKI maka sama saja berharap kepada maling untuk tidak maling. Lah namanya maling pasti kerjaannya paling. Apakah semuanya maling?? Yah tidak juga, tetapi kalau melihat kengototan mereka supaya CSR masuk ke APBD indikasi mau maling semakin menguat.

Hal ini terlihat dari pernyataan terus menerus Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Lulung). Haji Lulung terus menekankan dana CSR harus masuk APBD saat mempermasalahkan dua poin dalam surat permohonan untuk melanjutkan pembahasan dan mengesahkan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait reklamasi yang dikirim Pemprov DKI.

Haji Lulung (Foto: Ari Saputra-detikcom)

Dana CSR saat kepemimpinan Ahok memang tidak pernah masuk ke APBD. Karena bentuknya berupa kontribusi, maka Ahok lebih memilih membangun fisik bangunan daripada menerima uang. Dan hal inilah yang kurang disukai oleh DPRD Jakarta. Mereka meminta dana CSR masuk APBD dan berbentuk uang.

Dalam konsep Ahok, dana CSR dan juga tambahan kontribusi tidak dimasukkan dalam APBD. Ahok lebih suka dana tersebut dicairkan dalam bentuk fisik bangunan atau fasilitas seperti RPTRA. Karena kalau uang akan repot urusannya dan bakalan dijegal terus oleh DPRD Jakarta. Jalan amannya yah langsung minta fisik.

Nah, kelakuan Ahok yang seperti inilah yang tidak disukai oleh DPRD Jakarta. Karena kalau uang tidak masuk ke APBD, maka akan sangat sulit dipermainkan. Jangan salah, meski sudah dipasang pengaman oleh Ahok, APBD tetap rawan bocor. Sebabnya apalagi kalau bukan masih adanya pejabat-pejabat lama yang main mata dengan DPRD.

Apa yang saya katakan ini bukanlah tuduhan yang tendensius, melainkan adalah sebuah rahasia umum dalam permainan anggaran. Nah, demi mengamankan dana-dana tersebut dan rakyat bisa langsung menerimanya tanpa perlu masuk dulu APBD itulah makanya Ahok minta fisik saja. Sambil nantinya benar-benar menyiapkan pejabat DKI yang kredibel dan berintegritas.

Sayang usaha Ahok tersebut kandas gara-gara banyak ternyata orang yang masih mudah terhasut dengan isu SARA. Akhirnya Ahok terjegal dan perubahan Jakarta lebih baik pun tersendat. Kini, peruabahan Jakarta akan sangat tipis bisa terjadi di era Anies-Sandi. Karena DPRD yang suka recokin APBD dan ngotot dana CSR masuk ke APBD yah dari kubu mereka.

Yang terjadi malah bisa jadi kerja sama dan semua mulus berjalan negosiasi. Karena kalau sama sudah kepentingan dan keberpihakan, maka semua urusan akan dilancarkan.  Seperti cinta, kalau atas persetujuan dua insan semua akan lancar, walau rintangan menghadang. Tetapi kalau tidak, maka siap-siap putus di tengah perjalanan.

Itulah mengapa saya tidak pernah bisa diajak mendukung Anies-Sandi dalam memimpin Jakarta. Tetapi kalau diajak untuk mengawasi dan menjaga supaya Jakarta tidak rusuh lagi saya siap tanpa bayaran. Karena perjuangan harus tetap dilanjutkan meski Ahok terpenjara. Kalau kita kagum dengan perjuangan Ahok, maka kita harus teruskan perjuangannya. Jangan tunggu Ahok keluar atau muncul Ahok-ahok baru, tetapi jadilah “Ahok”.

Tidak harus mengikuti gaya Ahok yang nyablak dan blak-blakan, tetapi ikutilah hatinya yang ingin supaya rakyat benar-benar menerima haknya tanpa perlu diwakili oleh DPRD. Rakyat mau makan enak, DPRD wakili. Rakyat mau sekolah bagus, anak DPRD yang wakilin, Rakyat mau punya kesejahteraan, DRPD yang wakilin ongkang-ongkang kaki.

Biarlah rakyat menikmati tanpa perlu kena potong jatah preman. Karena sebenarnya semua sudah ada porsinya. Mengambil jatah orang itu namanya rakus dan sudah tidak manusiawi. Itulah yang harus kita kawal kalau kita tidak percaya kepada kepala daerah terpilih. Cuek dan apatis bukanlah sikap bijak, apalagi kalau mengatakan “biar aja tahu rasa”.

Kasihan mereka yang dibodoh-bodohi dan kena tipu itu. Saya yakin, Ahok kalau tidak dipenjara dan tidak lagi jadi Gubernur akan terus berjuang demi hak-hak rakyat tersebut, ada atau tidak jabatannya. Itulah namanya sebuah nilai perjuangan dan sikap seorang negarawan, bukan politisi cari untung.

Jadi, jangan biarkan mereka tenang dan damai kongkalikong menikmati APBD. Kita buat recok dan permalukan mereka. Setuju??

Salam Rakyat.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Survei Capres Muncul Nama Rizieq Dan Somad, Survei Median Menggelikan

Bukannya salah melakukan survei, tetapi kalau lembaga survei ingin terlihat lebih elegan dan terlihat netral …

  • Happy Lasting

    Dengan cara ahok menerima csr dalam bentuk fisik bukan uang, sebenarnya ahok menyelamatkan bukan hanya rakyat agar uangnya tidak dicuri tapi juga menyelamatkan pencuri uang rakyat agar tidak ditangkap kpk! Semua aman!

    • Palti West

      betul.. tapi mereka tetap mau uangnya.. hahaha

  • No Fear

    CSR dirongrong para garong, pasti wrong dong !!

    • Palti West

      Betul sekali

  • Chandra of Dol Amroth

    CSR masuk APBD? What in the name of silver swan is this idiocy

    Haji lulung ini oon atau gimana, CSR itu kan Corporate Social Responsibility (Tanggung jawab sosial perusahaan) yang berarti itu hak perusahaan untuk ngaturnya bukan pemerintahan

    Pemerintah kalau dilibatkan dalam CSR paling banter cuma menginformasikan dimana saja yang butuh (dalam skala lokalan), itupun ngga wajib dan juga tergantung mau perusahaannya dimana mau cairin itu CSR

    • Palti West

      dia bukan OON.. dia kemaruk..

    • minor13

      ini kan biar bisa didiskon dulu …. rakyat suka diskon, mereka pun suka ….

      • Chandra of Dol Amroth

        Didiskon nenek elu! (in ahok style)

        Justru kalo kek gini bisa aja diatur CSR minimal brapa n buat hubungan perusahaan dan pemerintah makin asem (buat kita sih yes yes aja, bahan baru buat goreng si GuSar)

        Malahan ntar karena ada quota minimal ini yang dikorupsi buat pantat senayan dan antek – anteknya

        • minor13

          klo yg itu senyap2 mainnya …. ada serah terima barangnya tidak pernah ada ….. peletakan batu pertama ya sampe kapan2 ya cuma batu itu doang disitu …. wkwkwkwkwk

        • Palti West

          hahahaha.. Pemahaman nenek Loe!

  • Majt Lina

    Apa2 udah diwakilin sama wakil rakyat. Pingin makan enak, udah diwakilin. Pingin kesejahteraan, udah diwakilin. Segala yang asik2 udah diwakilin. Bisa gak ya ko’it juga diwakilin sama mereka…

    • Palti West

      hahahaha.. saya setujuh

      • Majt Lina

        Akhirnya diriku bisa berjumpa lagi denganmu Baaang..! Baru kira2 seminggu Seword gak tayang, tapi koq rasanya sudah luamaaaa… bingiiiitzz… dweeehh….

        Sehat terus ya Baaang… God bles yu pul dahh…

        • Palti West

          Makasih mbak.. Senang juga bisa hadir disini

    • minor13

      akan diwakilin juga punya mobil Mercedez ….. wkwkwkwk
      #semogaGakJadi

      • Majt Lina

        Anggora d’hewan kurraaang ajuaarr…!

        • Palti West

          Waduh

  • Prisca

    Wuihh bung palti da punya lapak sendiri… 👍👍👍❤❤…maju terus utk menyuarakan kebenaran. Pena tdk bisa dibungkam.

    Sukses selalu utk indovoices..

    • Palti West

      terima kasih mbak.. ayok gabung menulis

  • ladon tentara

    Jgn pilih lagi anggota DPRD setan pemakan uang rakyat…bangsat semua, uang aja yg dipikirin bukannya kerja.. dasar maling..!!!

    • Palti West

      hahaha.. keras bro

    • Felix Lai

      Masalahnya masih banyak pemilih yang bisa dibayar dan tidak menjadi pemilih yang cerdas.
      Masih banyak pemilih yg suka dgn janji” yg aduhai.

      • Palti West

        Betul tuh

  • Arifin Sobirin

    Kaum dpr & dprd makan uang rakyat ya wajar kan saya mewakili kalian rakyat, begitu filosofi jancuk mereka

    • Palti West

      kalau mewakili tinggal di bawah jembatan maukah??

      • Trafalgar Law

        Wakil rakyat itu hanya mau mewakili rakyat untuk menikmati hidup mewah saja bukan mewakili hidup yg susah dan miskin. Ingat mereka itu harus di panggil “yg terhormat”, kalo tidak mereka bisa tersinggung nanti.

        • Palti West

          Hahahaha

          • Arthur, zhang

            Mantap kali lae sdh punya lapak sendiri….
            Bangga kali kita orang medan…..
            Kapan dipestaka lae.,
            Ditunggu lomok2 nya lae…..wkwkwkwk

          • Palti West

            tunggu setelah 3 bulan lae.. kita lomok2an.. soalnya masih trial ini kita.. istilahnya soft opening.. hehehe
            ayo gabung menulis

          • Arthur, zhang

            Siiipppp lae, maju terus lae……. gaaassss pppooollll…….
            Kita dimedan dukung terus……..
            Ditunggu 3 bulannya…..heheheheh

          • Palti West

            siap.. medan harus bangkit!!

  • minor13

    mereka tidak mencuri atau maling CUMA MENDISKON saja …. wkwkwkwk

    • Sekar Pramudyo

      Wkwkwwkwkkwkw.. diskonnya 98% yaaaa….

      #malingrakyat

      • Palti West

        itu diskon seremmm

    • Robin

      Mendiskon dan menyulap UPS menjadi USB

      • minor13

        yang datang beneran UPS tapi sekolahnya mau rubuh dikasi UPS milyaran + Alat2 fitnes gym padahal lapangan olahraga ngga memadai ….. wkwkwkwk
        anggota dewan pada ngelawak …..

        • Palti West

          hahahaha

      • Palti West

        hahaha.. sulap Pak Tarno tuh

        • No Fear

          Prok..prok…prok..!!!

    • Palti West

      diskon gmn nih??

      • minor13

        misal APBD 100 didiskon 10% jadinya sisa 90 buat proyek aslinya ….. wkwkwkwkwk #istilahNdesonyaDisunat

        • Palti West

          kekecilan disunat 10 persen.. wkwkwk

          • minor13

            nominalnya kan bisa di-rapat paripurna-kan ….. wkwkwkwk
            #cumaContoh #e-budgetingErrorKahAtauDibatalkan?

        • Felix Lai

          Kebalik bro…. APBD 100 didiskon 90% sisanya 10% buat proyek…

          • Palti West

            betulll

  • Robin

    “..Cuek dan apatis bukanlah sikap bijak, apalagi kalau mengatakan “biar aja tahu rasa”.> wah saya merasa tersindir nih, hahaha, saya akui itu sikap kurang baik, hanya terkadang kesal thd kebodohan yg terjadi, ibarat kita jalan jalan di pantai, terlihat onggokan hitam, kita sudah tau kalau itu kotoran manusia, tapi teman kita keukeh kl itu pisang saleh, berkali kali kita bilang itu bukan pisang saleh, tp teman tetap ngotot sambil towel tuh benda pakai telunjuk trus dicicipin ke mulut, sangkin kesalnya pst kita akan bilang, biarinlah biar tau rasa, hahaha

    • betterthangood ina

      kalo uda tersindir buruan nulis artikel bin,,,,,,,,,,,,:)

      • ka12el

        saman nih saya disuruh nulis sama bung palti
        hehehehe

    • Palti West

      hahahaha