Home / Politik / Malunya Eggy, Sebut Jokowi Buat Miskin Karena Kesepakatan 10% Dengan Freeport
Foto: Deklarasi GIS. (Faiq Hidayat/detikcom).

Malunya Eggy, Sebut Jokowi Buat Miskin Karena Kesepakatan 10% Dengan Freeport

Foto: Deklarasi GIS. (Faiq Hidayat/detikcom).

Baru saja saya kelar membuat tulisan soal Tausiyah dan Khutbah dijadikan ajang untuk menebar rasa pesimis, menjelek-jelekkan, dan menakut-nakuti, sudah ada lagi pemberitaan panggung keagamaan dipakai untuk menebar rasa pesimis. Wakil Koordinator Nasional Gerakan Indonesia Salat Subuh (GIS), Eggi Sudjana , dalam ceramahnya menyebut bahwa Presiden membuat rakyat miskin.

Pernyataan Eggy ini disampaikan dalam acara GIS berjemaah di Masjid Dzarratul Muthmainnah, Tangerang Selatan, Minggu (15/4/2018). Eggy menyebut bahwa rakyat miskin karena kekayaan alam tidak dimanfaatkan sepenuhnya untuk rakyat, melainkan oleh asing. Indonesia hanya dapat 10 persen saja.

“Tapi kenapa kita mendapatkan (emas) 10 persen, kan perintah UU untuk rakyat Indonesia bukan rakyat Amerika. Dengan kondisi seperti ini siapa yang membuat miskin, Allah atau presiden? Kenapa kiai-kiai kalau miskin terima saja, takdir, masih kita begitu menyalahkan Allah membuat kita miskin, bukan begitu. Padahal kita dikasih minyak, emas, gas dan kelapa sawit, kaya raya Indonesia, dulu rempah-rempah kita diperebutkan,” ujar Eggi saat memberi tausiah setelah mengikuti GIS berjemaah di Masjid Dzarratul Muthmainnah, Tangerang Selatan, Minggu (15/4/2018).

“Jadi siapa yang membuat kita miskin? presiden atau Allah?” kata Eggi kepada jemaah.

“Presiden,” ujar para jemaah.

Pernyataan Eggy ini aneh bin ajaib. Entah dari mana informasi didapat atau belajar di mana dulu sekolah atau kuliah Eggy ini. Sejak kapan Jokowi menghasilkan Undang-Undang yang membuat Indonesia hanya dapat 10 persen?? Apa Eggy selama ini hidup dalam gua sehingga tidak tahu pada pemerintahan siapa ketetapan 10 persen tersebut?? Apakah Eggy tidak update kalau Jokowi bukan memperjuangkan 10 persen, melainkan 51 persen dari Freeport??
Eggy sepertinya harus banyak persiapan dulu sebelum berceramah. Perlu juga cek lagi informasi yang mau disampaikan sebelum akhirnya malu sendiri karena ternyata salah memberikan informasi. Bayangkan saja, mau menyindir Jokowi malah yang kena Soeharto. Eggy apa mengalami roaming mau protes Soeharto tetapi sekarang baru dilakukan??
Sudah itu yang paling aneh adalah para jemaah yang latah teriak menjawab pernyataan Eggy tanpa tahu bahwa mereka ikut dalam kebodohan Eggy. Inilah sebenarnya yang paling parah. Sudah yang ceramah keliru, jemaah pun jadinya ikut keliru. Dan inilah yang membuat berbahayanya agama dijadiin alat berpolitik.
Gerakan Indonesia Salat Subuh (GIS) sebenarnya adalah inisiatif pergerakan yang sangat bagus kalau seandainya tidak ada agenda politik di dalamnya. Tetapi kalau sudah dimasuki oleh agenda politik, maka gerakan ini bukan lagi gerakan keagamaan, melainkan gerakan politik. Contohnya sudah ditunjukkan oleh Eggy yang malah berorasi politik.
Karena itu, menurut saya umat sekarang harus mulai kritis. Jangan mau diadu domba oleh kepentingan politik orang yang memanfaatkan agama.
Salam Malu.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Jokowi vs Ahok dalam Pilpres 2019!!

    Menarik menunggu pengumuman siapa saja yang maju menjadi calon presiden 2019. Dari “koalisi” …