Home / Politik / Tolak Gugat HGB Ke PTUN, Anies Ngotot Minta BPN Cabut
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (9/1/2018).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Tolak Gugat HGB Ke PTUN, Anies Ngotot Minta BPN Cabut

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (9/1/2018).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)

Kelakuan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memang sudah sangat keterlaluan. Setelah membentuk TGUPP, lalu KPK DKI serta keanehan-keanehan lain, Gubernur Anies kembali melakukan kekonyolan dengan meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) membatalkan sertifikat hak guna bangunan (HGB) di pulau reklamasi.

Mengapa saya katakan konyol?? Karena permintaan Gubernur Anies ini adalah sesuatu yang tidak berdasar. Meski dia mengaku ada peraturan menteri yang memungkinkan, Gubernur Anies tidak juga mengungkapkan peraturan menteri yang mana. Apalagi, masalah reklamasi tersebut harus berkekutan hukum tetap baru BPN bisa membatalkannya.

Kalau mau dikatakan, sebenarnya Gubernur Anies harus menyadari bahwa semua haruslah ada hukum dan peraturannya, bukan asal bicara saja. Presiden saja yang merupakan jabatan tertinggi tidak bisa asal-asalan memerintahkan bawahannya jika tidak punya kekuatan hukum yang jelas. Ini lebih-lebih seorang Presiden kelakuannya.

Gubernur Anies sepertinya sadar kalau dia memakai mekanisme PTUN, persoalan HGB di pulu reklamasi tidak akan pernah tuntas dan selesai. Apalagi kengototan Gubernur Anies supaya HGB dibatalkan mengindikasikan ada sebuah pesanan pengembang di belakangnya. Bukannya saya menuduh yang bukan-bukan, tetapi masalah pulau reklamasi adalah masalah rebutan antara pengembang.

Dan karena Gubernurnya sudah ganti, maka keberpihakan akan sangat mungkin berganti. Padahal sudah sejak era Ahok, para pengembang yang mau memberi kontribusi tambahan 15 persen itulah yang diberikan HGB. Kalau tidak mau ya terpaksa bersabar untuk diberikan HGB.

Dan Gubernur Anies tidak serta merta bisa membatalkan HGB yang menggunakan peraturan tersebut meski peraturannya dibatalkan. Karena kalau begitu jalan ceritanya, hanya PTUN yang bisa memutuskan. Memangnya bisa seenak udel begitu Pergub batal dan tidak dijadikan Perda langsung otomatis dibatalkan.

Kalau kelakuan seperti itu, maka semua yang ada di Indonesia ini bisa diubah hanya karena permintaan seorang kepala daerah tanpa adanya kekuatan hukum dalam PTUN. Dan sikap BPN ini menurut saya sudah benar supaya tidak ada namanya keberpihakan dan kesewenang-wenangan pemerintah saat berganti pemimpimnya.

Kelakuan seperti inilah yang membuat saya terus mendorong kita semua berhati-hati kepada makhluk bernama Anies ini. Karena dia bisa saja berlaku hal yang sama saat nanti terpilih jadi Presiden. Apa yang sudah baik diputuskan dari awal kemerdekaan pun bisa diubah olehnya dengan seenak udelnya.

Sudahlah Gubernur Anies. Kalau hanya masalah kepentingan pengembang di belakang anda, jangan sampai segitunya memaksa BPN mencabut tanpa melalui proses PTUN. Masukkan saja gugatannya dan biarkan hukum yang memutuskan. Atau anda takut kalah di PTUN?? Hehehe..

Salam PTUN.

Loading...

About Palti Hutabarat

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices.. Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com

Check Also

Serial 227 Karya Ahok Yang Mencengangkan (7) Keberanian Ahok Bangun Flyover Pancoran

Di ujung jalan terlihat Ipda Darman, salah seorang petugas Ditlantas Polda Metro Jaya yang berjaga di …

  • Mr. ius
    • Palti West

      hahaha.. parahhh

  • Nawadi Zheng

    Kalo janji2 pilkada sich muanisznya minta ampun.. phanthatpun sampe mengkilat dijilatin ame die! Sdh jadi??… noh liat serasa negri ini punya die!

    • Palti West

      die itu die ajalah.. daripada die negara ini

      • Nawadi Zheng

        Wakakak.. keknya banyak yg binun komen balasan Bung Palti ke saya neh.. wakakak lanjut!

  • No Fear

    Ya beginilah klo wan Abúd jadi pimpinan. Baru jadi DKI-1 udah serasa jadi Jin Bagdad. Semua harus menurut kemauan nya tapi soal tanggung jawab dilempar ke pihak lain. Jin Bagdad yg punya mau, BPN yg disuruh tanggung jawab. Ente waras, wan Abúd ??

    • Palti West

      BPN yah mana maulah.. emang Sandi yang mau uangnya diporotin

      • No Fear

        Sandi udah balik modal bang, pelatihan OK OC 85M cuap2 doang balik deh ongkos kampanye

  • Eddy Lou

    makanja anus gak berani nuntut ke ptun, krn pengembang bisa menuntut balik ganti rugi, dan ganti ruginja gak tanggung bisa triliunan, apa si anus gak sadar sedang sedang membangunkan naga tidur?….

    • Palti West

      Anies mah ga peduli.. karena sudah terdesak ditagihin.. BPN mana mau kena lempar tanggung jawab

    • Mr. ius

      Tapi uang ganti ruginya kan Dari APBD. Uang pajak rakyat.
      Bukan Dari kocek si Anus

      • Palti West

        Pilkada aja dia ga modal

  • Ari

    Gubernur yang merasa sudah jadi presiden…

    • Palti West

      melebihi presiden ini mah

      • Hendra Sulindra

        gubernur cuma modal kolor ijo aja belagu

        • Palti West

          hahaha.. Gubernur modal dikenalin JK..

    • Mr. ius

      Bikin negara didalam negara

      • Palti West

        yoiii

  • betterthangood ina

    mantabs

    • Palti West

      sippp

      • Gerar Sianturi

        Ribet kali si anis ini menurutku bang. Klo emg penvembang diblakang dia pd mnt jatah hgb di pulau reklamasi ya dia lanjutin aja itu reklamasi kasih hgb baru ke mrk. Kan udh ada kpk dki jd nanti bs dicover mslhnya ga kecium sama real kpk hahahahaa

        • Palti West

          hahaha.. kalau dilanjutin jelas salah.. mereka minta tidak dilanjutkan dan yang sudah jadi jatah pengembang lain..

        • Felix Lai

          Gak bisa begitu juga bro… Masalahnya perda kontribusi 15% sudah dibuat diera Ahok, sekarang kalau gabener minta jatah lagi ke pengembang, lantas pengembang pasti mau kontribusi dikurangi karena apa yg berlaku sekarang sdh legal.
          Ada pengembang lain yg bermain dibelakang gabener sewaktu pilkada dan janji itu yg gabener harus penuhi sekarang.
          Masalahnya pengembang yg dibalik layar gabener juga sama mafianya dgn pengembang sekarang.

  • BritnetYang

    sepertinya manis sekali, tapi Selalu Di lakukan dgn melanggar hukum.
    semua suruh nurut sm dia?