Home / Redaksi / Editorial / Manual Sederhana Menulis Di WordPress Indovoices

Manual Sederhana Menulis Di WordPress Indovoices

Selamat pagi, siang, sore, petang, malam, tengah malam, dini hari, dan subuh.. Tergantung kapan melihat manual penulisan ini.. Meski bentuknya tidak pakai video setidaknya akan dengan mudah membantu setiap kita yang pertama menulis di WordPress.. Cekidot..

 

Langkah Pertama..

Lihat gambar dibawah. Arahkan curcor (Anak Panah) ke +New.. Tunggu sampai muncul pilihan seperti di gambar.. Lalu arahkan cursor ke arah post.. Kalau sudah maka anda akan pindah ke gambar selanjutnya..

Langkah kedua..

Lihat gambar dibawah.. Ini adalah tampilan saat kita sudah mengklik +New dan Post. Pada bagian kolom tulisan ketik sesuai petunjuk di gambar.. Untuk isi tulisan juga bisa dilihat keterangan di kolom penulisan.. Dan tetap diingat bahwa kalau apapun yang anda tulis adalah tanggung jawab anda..

Tulisan setidaknya memenuhi 3 bagian..

Pembukaan yang berisi salam dan sapaan serta pengantar sebelum pembahasan utama

Isi yang terdiri dari isu utama yang mau dibahas. Jangan terlalu melebar dan tulislah dengan bahasa sederhana dan sesuai dengan perkembangan. Humor penting supaya pembaca senang, dan buat suatu ciri khas supaya pembaca mengingat anda.

Penutup yang berisi kesimpulan dan saran serta langkah apa yang mungkin dilakukan. Tutup dengan salam khas anda.

Setelah selesai menulis judul dan isi tulisan maka kita lanjut dengan mengisi media gambar atau video..

Langkah Ketiga..

Lihat gambar di bawah ini.. Kalau ingin menambah media.. pertama kosongkan dulu satu paragraf (Enter).. Lalu klik Add Media.. Ingat jangan sampai anda lupa mengklik tempat kosong karena media yang akan dimasukkan akan mengisi tempat sesuai klikan cursor..

Jika berhasil, maka akan muncul seperti gambar di bawah.. Untuk memasukkan media (foto atau video) klik upload files..

Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini.. kemudian untuk memasukkan klik select files.. ingat bahwa files yang bisa dimasukkan sebesar 32 MB..

Setelah itu kita akan masuk ke tampilan seperti di bawah.. Jika anda sudah ada gambar yang tersedia langsung klik dua kali gambarnya atau sekali klik gambar lalu klik open.. Jika belum ada, maka kita harus terlebih dahulu cari gambarnya di google lalu save as picture ke komputer kita..

Lalu gambar akan masuk media library seperti gambar di bawah.. Ingat untuk masukkan sumber gambar di kolom caption.. ini menjadi penting supaya tidak ada yang komplai kita ambil gambar tanpa sumbernya..

Setelah itu atur juga ukuran gambar ke ukuran large supaya bagus tampil di tulisan.. lalu klik insert post..

Untuk add media langsung dari copas link media gambar atau video.. kita cukup copy url video atau gambar dan pastekan di kolom http seperti pada gambar.. setelah itu langsung klik insert into post

Setelah itu maka tulisan sudah memiliki gambar.. selanjutnya tentukan rubrik apa yang mau kita masukkan tulisan kita.. Jika memilih dua rubrik, ingat untuk menentukan mana yang primary (utama).. Tinggal di klik saja mana yang mau dijadikan primary seperti di gambar..

Sebenarnya kalau gambar dimasukkan cuman satu, maka gambar itu akan otomatis menjadi gambar yang tampil sebagai feature image atau gambar yang akan tampil kalau kita menshare tulisan kita ke media sosial.. Tetapi kalau gambar banyak, maka harus ditentukan dengan mengklik feature image dan pilih gambar yang akan ditmpilkan..

Langkah terakhir adalah mempublish tulisan.. jika masih ragu bisa save draft terlebih dahulu.. untuk lebih hati-hati bisa preview dulu.. setelah semua beres maka silahkan klik publish..

 

 

About PeWe

Die Hard Jokowi-Ahok Sejak 2012 sampai selamanya.. Pengelola Indovoices..
Info, diskusi, kerjasama, dan bergabung silahkan WA: 085820189205 atau email: paltiwest@gmail.com