Benarkah Cuma Indonesia yang Beli Vaksin Sinovac dari China?

22
SHARES
98
VIEWS

Indovoices.com –Belakangan ini beredar informasi hanya Indonesia yang memesan dan membeli vaksin Sinovac buatan China. Laporan itu berasal dari Aljazeera yang menyebut dari 20 negara yang sudah memesan vaksin covid-19, hanya Indonesia yang membeli Sinovac.

Ke-20 negara yang telah memesan vaksin dari produsen global itu adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Italia, Denmark, Belanda, Prancis, Kanada, China, Brasil, Meksiko, Argentina, India, Spanyol, Australia, Indonesia, Uzbekistan, Mesir, Nepal, dan Israel.

Pada awal Desember, gelombang pertama vaksin Sinovac tiba di Indonesia untuk persiapan kampanye vaksinasi massal. Vaksin dengan dosis 1,8 juta lagi akan tiba pada Januari.

Baca juga:   Kepala Basarnas: Lokasi Serpihan Pesawat Lion Air JT610 Sudah Ketemu, Tetapi Arus Cukup Deras

Dari laporan BBC Inggris disebutkan bahwa Singapura menyatakan telah menandatangani perjanjian pembelian dengan pembuat vaksin termasuk Sinovac, Moderna, dan Pfizer-BioNTech.

Sinovac juga diketahui telah mendapatkan kesepakatan lain dengan Turki, Brasil, dan Chili. Negara-negara ini tidak masuk dalam list 20 negara yang disebut Aljazeera.

Dan Singapura mengatakan telah menandatangani perjanjian pembelian sebelumnya dengan pembuat vaksin termasuk Sinovac, Moderna dan Pfizer-BioNTech.

Singapura telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp 10 triliun untuk membeli ketiga jenis vaksin tersebut yang akan diberikan secara gratis kepada seluruh warga negaranya.

Sinovac juga diketahui telah mendapatkan kesepakatan lain dengan Turki, Brasil, dan Cile.

Baca juga:   32 WNA India Langsung Dipulangkan Balik Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

Turki secara tegas menyatakan telah memesan 50 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan untuk vaksinasi pada akhir Desember 2020. Turki masih menunggu hasil uji klinis tahap ketiga vaksin Sinovac tersebut.

Selain itu, di luar Sinovac, dua negara Arab menyetujui vaksin Sinopharm. Uni Emirat Arab mengatakan telah mendaftarkan vaksin tersebut setelah analisis sementara menunjukkan 86% efektif dalam uji coba fase tiga yang dimulai pada Juli. Mereka tidak mengatakan bagaimana vaksin itu sekarang akan diluncurkan.

Bahrain juga menyetujui vaksin Covid-19 Sinopharm, dengan mengatakan orang dewasa dapat mendaftar secara online untuk menerima suntikan secara gratis.(msn)

Next Post

Leave a Reply

Indovoices Apps

Berlangganan

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru Indovoices.com melalui email

Join 1,249 other subscribers

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.