Ini Penyebab Kim Jong-un Sakit

17
SHARES
76
VIEWS

Indovoices.com-Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan mengidap kardiovaskular alias gangguan fungsi jantung. Kim diduga sempat menjalani perawatan medis di sebuah vila di Kabupaten Hyangsan.

Mengutip media Korea Selatan yang didirikan pembelot Korut, Daily NK, Kim dilaporkan menerima perawatan medis prosedur kardiovaskular sejak 12 April. Penyakit Kim disebut dipicu oleh merokok berlebih, obesitas, dan terlalu banyak bekerja

Kim terakhir muncul di media pemerintah Korut pada 11 April. Bahkan Kim tidak hadir saat perayaan kelahiran ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April.

Baca juga:   Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media

“Ada sejumlah rumor terbaru tentang kesehatan Kim (merokok, jantung, dan gangguan otak). Jika Kim dirawat di rumah sakit, itu akan menjelaskan mengapa dia tidak hadir pada perayaan 15 April yang sangat penting baginya,” kata Bruce Klingner, seorang peneliti senior di Heritage Foundation dan eks wakil kepala divisi CIA untuk Korut.

Terkait kondisi Kim, seorang pejabat intelijen AS menyebutkan Kim dalam kondisi berbahaya. “Menurut pantauan intelijen AS, Pemimpin Korut Kim Jong-un ada dalam bahaya besar setelah operasi,” kata pejabat AS yang namanya dirahasiakan.

Baca juga:   LHKPN untuk Menjaga Integritas

Namun, China membantah laporan intelijen AS tersebut. Dia beralasan, informasi Kim adalah bahasan sensitif.

“Pemimpin Korut Kim Jong-un diyakini tidak menderita sakit kritis,” ucap pejabat Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis China, seperti dikutip dari Reuters.

Sebagai catatan, Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis merupakan badan utama di China yang mengurusi hubungan dengan Korut. Selain bertetangga, China dan Korut juga bersekutu dekat.(msn)

 

Next Post

Leave a Reply

Indovoices Apps

Berlangganan

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru Indovoices.com melalui email

Join 1,243 other subscribers

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.