Home / Event / Lomba Menulis Sumpah Pemuda / Menyadarkan Peran Penting Pemuda

Menyadarkan Peran Penting Pemuda

Indonesia merupakan negara terbesar dengan pertumbuhan penduduk terbanyak keempat setelah cina, india dan amerika. Tahun 2045 indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demographic dimana 70% pemuda lebih banyak dengan umur yang sangat produktiv.

Berbicara tentang pemuda tentu mengingatkan kita tentang peristiwa Sumpah Pemuda, kala itu pemuda yang masih bersifat kesukuan dan kedaerahan berkumpul dengan kesadaranya menanamkan jiwa patriot dan nasionalisme untuk melakukan ikrar; “kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air indonesia, kami putra dan putri indonesia berbangsa yang satu, bangsa indonesia, dan kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia”. Yang dilaksanakan pada tanggal 28 ocktober 1928 di jakarta.

Saat itulah moment persatuan dalam nusantara terbentuk, berabad abad negeri ini bersedih karna penguasaan pihak asing. Beri aku seribu orang tua niscaya aku akan mencabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya aku akan guncang dunia. Peran penting pemuda sangat dibutuhkan, Sudah terbukti adanya pemuda sangatlah berkontribusi penting bagi indonesia, indonesia merdeka juga bermula dari peristiwa rengasdengklok yang di koordinir oleh golongan muda, dimulai dari peristiwa sumpah pemuda sebagai moment persatuan nusantara, hingga 10 november sebagai hari pahlawan yang menghabiskan banyak korban dari kalangan pemuda untuk mempertahankan NKRI.

Kini pemuda indonesia akan dihadapkan pada bonus demographic 2045 yang sangat menguntungkan, namun untuk menyiapkan generasi muda membutuhkan perencanaan yang matang jika bangsa indonesia tak bisa menyiapkan seperti penyediaan lapangan pekerjaan, peningkatan kualitas SDM seperti pendidikan akan menjadi bumerang bagi bangsa indonesia.

Untuk melihat masa depan bangsa bisa kita lihat bagaimana peran pemuda. Strategi bapak Jokowi dalam mempersiapkan generasi emas 2045, pertama membangun infranstruktur, infranstruktur diyakin akan meningkatkan daya saing, sebab biaya transportasi akan lebih murah lantaran konektivitas tinggi. Saat ini, pemerintah terus mengerjakan proyek infrastruktur, mulai dari pelabuhan, jalan tol, bandar udara dan pelabuhan. Sejalan dengan pembangunan fisik, pemerintah juga membangun sumber daya manusia. Tahap terakhir, Indonesia akan fokus pada pembangunan industri jasa. Salah satu sektor yang akan sangat menguntungkan adalah jasa pariwisata.

Peran pemuda sangat penting untuk menuju indonesia emas 2045, namun dibutuhkan pemuda yang berkualitas tinggi yang mempunyai wawasan luas, cerdas, inovatif, kreativ dan membuat karya secara nyata. Generasi muda adalah aktor utama dalam kemajuan indonesia untuk masa depan maka daripada itu kita Terus menggali dan mensuport pemuda untuk selalu aktiv berkarya.

Dari sabang sampai merauke, indonesia memerlukan pemuda yang berinovasi untuk membangun sistem peradaban yang maju, pemuda dapat menggunakan media sosial untuk mengkampanyekan perdamaian dan persatuan dan kesatuan bangsa. pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus terus semangat belajar, Dengan belajar kita akan mengetahui sejarah bangsa agar tak keliru dalam berfikir dan bertindak. Menjadi pemuda yang berfikir aktiv pada kemajuan bangsa untuk menjadikan indonesia negara yang dami dan tentram.

Namun bagaimana peran pemuda pada masa kini. Peran pemuda masa kini terlihat terjadi penurunan, pergeseran makna pemuda yang dulunya pemikir aktiv memjadi pemuda yang sering galau yang sering di artikan pemuda golongan lemah. Peran pemuda yang dulu lebih memperjuangkan hak-hak rakyat kini pemuda lebih meikirkan kehidupan pribadinya. Dalam sebuah survei komnas anak di 12 provinsi dengan responden 4500 remaja (2010) didapatkan data bahwa 21.2 % anak SMA pernah aborsi, 62.7 % anak SMP sudah tidak perawan, 93.7 % pernah berciuman, 93-97 % pernah melihat porno. Lalu bagaimana nasib pemuda intelektualnya, Menurut survei yang dilakukan Bank Mandiri, sebanyak 900.000 lulusan sarjana dari berbagai  Perguruan Tinggi (PT) yang tersebar di seluruh Indonesia masih menganggur alias tidak mempunyai pekerjaan tetap.

Selayaknya kita sebagai generasi muda yang menyongsong generasi emas indonesia 2045 menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup, dengan kesadaran gnerasi muda mari kita berbondong bondong melek terhadap wawasan nusantara, mulai dari politik, ekonomi, dan pendidikan. Meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat mulai dari bergotong royong, memperkuat jati diri berkarakter pancasila. Mari kita taanamkan jiwa nasional untuk perdamaian, persatuan dan kesatuan bangsa.

Berani Bersatu Membela Keberagaman #BeraniBersatuMembelaKeberagaman

About M Saiful Rohman

Check Also

Setya Novanto Kecelakaan, Resmi Jadi Buronan, Mari Kita Doakan Lekas Pulih

Kejadian buruk tidak ada yang bisa memprediksi dan dapat menduga, Setiap orang dapat merasakan kejadian …