Pertama dalam Sejarah, Ekonomi Dunia Diprediksi Minus 7,5 Persen

22
SHARES
98
VIEWS

Indovoices.com –Laju pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan menyusut tajam tahun ini. Menurut data, diperkirakan ekonomi dunia akan mengalami penyusutan antara -4,9 persen hingga -7,5 persen akibat pandemi COVID-19, serta konstelasi politik dan ekonomi global.

Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar mengatakan, diperlukan langkah khusus karena saat ini kondisi dunia bisa dikatakan menghadapi faktor disruptif yang banyak dan berat, dan terjadi pada waktu bersamaan. Bahkan beberapa pihak menyebut dunia menghadapi ‘perfect storm‘ karena semua variabel negatif, terjadi di waktu bersamaan dengan intensitas tinggi.

Baca juga:   PVMBG Raih Penghargaan Internasional "The 1st Volcano Surveillance and Crisis Management Award"

Mahendra menyebut ada empat faktor pengguncang dunia. Selain pandemi COVID-19, resesi ekonomi global merupakan faktor kedua penyebab krisis. Faktor ketiga adalah perang dagang antara Amerika Serikat dengan Republik Rakyat Tiongkok.

“Perang dagang yang semula lebih berupa keinginan AS untuk mengatasi defisit perdagangan yang mencapai US$500 miliar, tapi sekarang meluas dan masuk ke perang dagang yang meliputi sektor telekomunikasi, larangan perusahaan Barat untuk berbisnis dengan perusahaan RRT, hingga melebar pada pencatatan bursa saham New York,” ujar Mahendra dalam konferensi pers virtual.

Baca juga:   Tahun 2020, Kemenhub Harapkan Bebas Over Dimension dan Overload

Faktor keempat adalah persaingan geopolitik yang semakin tajam. Jika trade war berfokus pada sektor ekonomi maka geopolitik berarti non-ekonomi seperti pertahanan dan keamanan. Mahendra mengatakan, banyak analis menyebut persaingan geopolitik ini akan semakin berat di tahun-tahun ke depan.

“Ini menjadikan kondisi politik ekonomi global menjadi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan berbeda dengan waktu-waktu yang lalu,” ujarnya.(msn)

Next Post

Leave a Reply

Indovoices Apps

Berlangganan

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru Indovoices.com melalui email

Join 1,250 other subscribers

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.